Nasional

Saling Berebut Selang Damkar, Babinsa Ambil Alih Pemadaman

Oleh : luska - Selasa, 04/09/2018 23:15 WIB

Hindari Keributan Warga Bima, Babinsa Ambil Alih Pimpinan Pemadaman Api,(Dispenad)

BIMA, INDONEWS.ID - Kebakaran hebat yang melanda pemukiman warga Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Senin (3/9/2018) sore kemarin sempat memicu pertikaian berebut selang petugas pemadam antar korban kebakaran.

Kericuhan antar warga yang juga merupakan korban kebaran tersebut langsung mencuri perhatian Sertu M. Faris Babinsa Desa Tente, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Provinsi NTB. Dengan sigab Sertu Faris langsung merelai dan mengambil alih selang yang diperebutkan mereka.

Kasus perebutan selang saat pemadaman kobaran api tersebut bermula dari terbakarnya puluihan rumah warga di RT. 002 RW. 001, Dusun Radebari, Desa Ngai. Ketika mobil pemadam kebakaran (Damkar) datang para korban langsung berebutan beradu menarik selang dari mobil pemadam kebakaran untuk bisa memadamkan rumahnya masing-masing.

Perebutan selang yang dilakukan para warga tentu akan menghambat padamnya api yang kian mejalar ke rumah warga yang lain. Akhirnya, di tengah perseteruan selang tersebut, Babinsa Sertu M. Faris dan rekannya Serka Muhtar langsung mengendalikan kondisi dan mengambil alih mobil Damkar, sedangkan Bhabinkamtibmas Indrawansyah mengarahkan titik api dari bawah, sekaligus Faris membagi dua alur penyiraman, yaitu dari depan oleh Bhabinkamtibmas dan dari tengah oleh Babinsa.

Pada Pukul 16.55 WITA personel dari Posramil Belo tiba di lokasi kebakaran dan langsung membantu pemadaman hingga tidak ada lagi kobaran api, dan meminta warga agar membantu menarik keluar benda-benda yang menghalangi alur selang penyemprotan dan menutupi api, seperti seng dan kayu

"Setiap mobil Damkar yang datang, warga selalu berebutan selang. Akhirnya, saya dan rekan-rekan TNI mengambil inisiatif untuk mengambil alih mobil Damkar dan menguasai selang pemadam untuk langsung melakukan tindakan pemadaman api," kata Faris.

Menurutnya, langkah mengambil alih pemadaman dengan menguasai mobil Damkar membuat keadaan proses pemadaman berlangsung tertib, di mana sebelumnya para warga berebutan selang karena ingin mendahulukan memadamkan rumahnya masing-masing.

"Api berhasil dipadamkan setelah warga yang memadamkan api secara manual ditambah dengan hadirnya tiga unit mobil damkar. Proses pemadaman langsung kami ambil alih sehingga prosesnya bisa berlangsung secara tertib, di mana sebelumnya para warga berebutan ingin memadamkan rumahnya masing-masing," tandas dia.

Saat ini, Selasa (4/9/2018) pagi, personel Posramil Belo, bersama warga bergotongroyong membersihkan puing-puing rumah warga yang tertimpa musibah kebakaran tersebut, dipimpin langsung oleh Danramil 1608-04/Woha Kapten Kav Sukahar, tepatnya permukiman penduduk di Dusun Rade Bari, Desa Ngali.

"Kegiatan kami di lokasi sisa kebakaran kemarin meliputi pembersihan puing-puing bangunan baik kayu dan seng. Kami pun melakukan pengecekan arus listrik agar tidak terjadi korsleting listrik pasca insiden ini," ungkap Sukahar.

Personel TNI AD yang juga membantu warga mengumpulkan dan mencari barang-barang berharga yang mungkin selamat dari kebakaran juga menghimbau warga anggota tani, jika ada Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang rusak dan terbakar agar dilaporkan ke Koramil.

"Kegiatan pembersihan hanya berlangsung sampai dengan pukul 09.00 WITA dan kegiatan selesai dalam keadaan aman dan tertib," pungkas Danramil Kapten Sukahar.

Artikel Terkait