Politik

Ketua DPR Minta Penjelasan Kemendagri Terkait Penyebab Tercecernya e-KTP

Oleh : very - Rabu, 12/09/2018 21:10 WIB

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo berkomentar tentang ditemukannya 2.800 KTP elektronik (e-KTP) yang tercecer di semak belukar dan juga terdapat di dalam sebuah kardus, oleh warga Cikande, Kabupaten Serang, Banten (11/9).

Bambang mendorong Komisi II DPR meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk meminta penjelasan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang mengenai penyebab tercecernya e-KTP tersebut serta untuk segera memusnahkannya.

“Mendorong Komisi II DPR dan Komisi III DPR meminta Kemendagri dan Kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian tersebut serta menindak tegas oknum yang terbukti lalai, mengingat e-KTP rentan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab,” ujar Bambang dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Selain itu, Ketua DPR yang merupakan kader Partai Golkar ini mendorong Komisi II DPR meminta Kemendagri untuk menginstruksikan kepada Disdukcapil agar memusnahkan, menggunting dan memotong e-KTP yang rusak ataupun tidak terpakai, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Mendorong Komisi II DPR meminta Kemendagri untuk memastikan fasilitas perekaman data kependudukan lainnya yang berada di Disdukcapil seperti alat perekam dan tinta untuk mencetak e-KTP di setiap daerah di Indonesia, tersedia dan dapat berfungsi dengan baik, guna meminimalisir adanya kerusakan yang terjadi pada saat perekaman ataupun pencetakan e-KTP,” pungkasnya. (Very)

Artikel Terkait