Budaya

Malam Ini Sang Lady Rockers, Sylvia Saartje Tampil di Konser Emasnya

Oleh : budisanten - Sabtu, 15/09/2018 23:55 WIB

Konser Emas Sylvia Saartje, yakni pekerja seni yang terlibat keseluruhan kaum hawa, mereka adalah Dhea (drums), Ellen dan Vyta (bass) dan lain sebagainya.Foto Dok Sylvia

Malang, INDONEWS.ID - Tepat pukul 19.00 WIB, Sabtu (15/9/2018) konser Sylvia akan bergema di stadion Brawijaya, Malang.

Bagi Sylvia Saartje hari ini menjadi hari paling indah dan bersejarah dalam perjalanan hidupya.

Konser ini akan berdurasi maksimal 120 menit dan Jipi demikian nama panggilannya ini akan mengawalinya pada pukul 20.00 WIB, akan menyuguhkan sebanyak delapan komposisi lagu dan lirik yang ditulis oleh Sylvia Saartje sendiri.

Sementara dua lagu berikut yang mengangkat namanya di kancah musik juga disuguhkan, sebut saja, Biarawati (ciptaan Ian Antono tahun 1978-1979) dan Jakarta Blue Jeans ku (ciptaan Farid Hardja tahun 1984).

Menurutnya, yang cukup menarik dari Konser Emas Sylvia Saartje, yakni pekerja seni yang terlibat keseluruhan kaum hawa, mereka adalah Dhea (drums), Ellen dan Vyta (bass), Yeyen dan Devi (rhythem gitar), Noby, Gea, Tika (melody gitar), Gea dan Putri (keyboards).

Pilihan melibatkan kaum perempuan, Jipi menceritakan, konser memang sepenuhnya menampilkan musisi perempuan. Karena terkait dengan peluncuran program hibah yang didanai oleh Ford Foundation dan dikelola oleh Wikimedia Indonesia serta Cipta Media Ekspresi.

“Jadi waktu hari Kartini, 21 April 2018, Cipta Media Ekspresi mengumumkan nama-nama ke 41 orang penerima hibah. Dan ternyata nama Sylvia Saartje dengan nomor pendaftaran peserta 1163 mendapatkan dukungan dana sebesar Rp100 juta untuk Pentas Kolaborasi Sylvia Saartje dalam Kategori Kerjasama/Kolaborasi. Jadi seperti ini perjalanan Konser Emas Sylvia Saartje,” papar Jipi.

Siapa Sylvia Saartje
Berdasarkan informasi dari Sylvia Saartje, julukan Lady Rocker Pertama Indonesia yang disematkan kepadanya, kali pertama dimuat oleh Majalah Aktuil, tatkala menggelar pertunjukan rock dengan titel Vacancy Rock (1970) di kota Malang.

Jauh sebelum dikenal dengan julukan Lady Rocker Pertama di Indonesia, Sylvia Saartje dapat dicatat sebagai pembuka jalan bagi penyanyi rock perempuan untuk berekspresi seperti yang ditulis beberapa wartawan Jakarta.

Setelah dinobatkan sebagai Lady Rocker Pertama maka bermunculan puluhan penyanyi perempuan yang menempuh jalan yang sama seperti Anggun C Sasmi, Nicky Astria, Mel Shandy, Atiek CB, Euis Darliah, Hilda Ridwan Mas dan lainnya. (Abdi.K)

 

Artikel Terkait