Nasional

Armida Alisjahbana Menjadi Sekretaris PBB Gantikan Shamshad Akhtar

Oleh : budisanten - Minggu, 16/09/2018 02:36 WIB

Posisi yang akan diemban oleh Armida Salsiah Alisjahbana adalah Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Asia dan Pasific.(Foto Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Posisi yang akan diemban oleh Armida Salsiah Alisjahbana adalah Sekretaris Eksekutif Komisi Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Asia dan Pasific.

Hal inilah yang diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan.

Seperti diketahui bahwa Armida telah menjabat Kepala Bappenas atau Menteri PPN kelahiran tahun 1960 yang merupakan professor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad), sejak tahun 2005 lampau.

Di Unpad, ia juga mengemban tugas lainnya, sebagai Direktur Pusat Studi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Ia juga merupakan Wakil Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Tahun 2009 hingga 2014, ia menduduki posisi sebagai Kepala Bappenas. Tahun 2012 sampai 2014, Armida menjabat sebagai Ketua Global Partnership for Effection Development Coorperation.

Posisinya juga pernah di Dewan Pengurus Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA).

Tidak hanya sampai disini, karirnya juga pernah terlibat dalam berbagai proyek penelitian dan konsultasi milik PBB di Tokyo, Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia, Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), hingga International Labor Organization (ILO).

Mengenai pendidikannya, ia meraih Sarjana Ekonomi di UI. Kemudian gelar Master Bidang Ekonomi di Northwestern University, Amerika Serikat (AS) dan PhD di University of Washington, AS. (Abdi.K)

Artikel Terkait