Nasional

Beredar Foto Anggota KPK Dengan TGB, Ini Penjelasan KPK

Oleh : budisanten - Kamis, 20/09/2018 17:11 WIB

Ketua KPK Agus Rahardjo, lakukan preskon di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. (foto : ronald)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dengan beredarnya foto antara Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Brigjen Pol. Firli dengan mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi saat bermain tenis di Lombok pada Mei 2018 lalu, akhirnya KPK memberikan klarifikasi mengenai foto tersebut.

"Saya rasa melihat Pak Firli sampai hari ini masih lurus tidak terpengaruh. Saya yakin tidak ada kedekatan itu," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK pada Kamis, (20/9).

Seperti diketahui dengan banyaknya pemberitaan yang beredar belakangan ini, terkait dengan penyebutan TGB yang terlibat terkait kasus penjualan saham eks PT Newmont Nusa Tenggara, Agus menyakini bahwa pertemuan Firli dengan TGB beberapa bulan lalu itu tidak membicarakan kasus.

Dan sebagai informasi, Firli yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penindakan KPK adalah sebagai Kapolda NTB. Kemudian, pada tanggal 6 April 2018, Firli dilantik oleh KPK.

"Kalaupun habis dilantik, dia (Firli) terus pergi ke NTB untuk serah terima jabatan pas kemudian pak Firli main tenis dengan Danrem-nya, kemudian Gubernurnya datang, apa itu bicarakan kasus? Mestinya `kan tidak," tutur Agus.

Mengenai perihal ini, Agus sekali lagi menegaskan jika lembaganya akan tetap konsisten untuk menjaga independensi dan juga tidak ada intervensi dari manapun soal kasus.

"Jadi, kami akan jaga betul yang namanya penyelidikan dan penyidikan di KPK itu betul-betul independen. Tidak ada intervensi," tegasnya.

Selain itu, dalam kasus ini, Agus mengatakan jika Firli telah melapor ke KPK soal pertemuannya dengan TGB di NTB tersebut.

"Pada waktu beliau izin untuk ke NTB, pas kembali juga dia melaporkan kepada kita. Saat beliau main tenis, Gubernur datang dengan anaknya," ujar Agus. (ronald)
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait