Budaya

Peningkatan IT Di Sekolah Sangat Mendesak Dilakukan

Oleh : very - Kamis, 20/09/2018 21:02 WIB

 

Jakarta, INDONEWS.ID- Pakar pendidikan dan teknologi mendesak sekolah-sekolah di Indonesia, baik sekolah swasta maupun negeri, untuk meningkatkan infrastruktur TI sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan di negara tersebut.

Hal tersebut ditegaskan oleh Craig Hansen, seorang trainer Google Certified Innovator dan Microsoft Master yang nanti akan menjadi salah satu pembicara pada konferensi dan pameran pendidikan GESS Indonesia. Menurutnya, sekolah-sekolah di Indonesia harus menyediakan akses Internet yang aman, cepat dan andal agar bisa memberdayakan baik para guru maupun siswa.

"Guru bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk memperkaya materi pelajaran yang diberikan. Di sisi lain, para siswa memiliki akses yang luas setiap saatnya untuk memperoleh pengetahuan tambahan dari para ahli lainnya dari seluruh dunia, sehingga memperkaya dan memperluas kedalaman pengetahuan mereka," katanya.

Hansen akan menjadi pembicara dan tutor dalam sejumlah sesi pada event GESS Indonesia yang akan datang, di antaranya sesi dengan tema “Menciptakan Budaya Berperforma Tinggi dan Meluncurkan Akademi Kreatif Anda” sebagai bagian dari sesi Kepemimpinan. Hal ini merupakan materi tambahan baru untuk program konferensi dari acara pendidikan terkemuka di Asia Tenggara.

Sesi Kepemimpinan lainnya terkait pelatihan kepemimpinan teknologi pendidikan di tingkat kementerian. Sesi ini akan diisi oleh sejumlah pakar pendidikan dan teknologi terkemuka di dunia, termasuk Matt Harris, konsultan internasional yang sangat dihormati; dan Rico Tan, Direktur Teknologi di Children’s Day School yang berlokasi di San Francisco, California, AS. Sesi ini ditujukan untuk membantu kepemimpinan di tingkat kementerian dan kabupaten untuk memahami sepenuhnya cakupan dan ruang lingkup Teknologi Pendidikan.

“Kami akan membahas kebutuhan apa yang paling mendesak untuk pendidikan modern dan metode apa yang harus diterapkan untuk memanfaatkan teknologi di seluruh sekolah di Indonesia. Kami akan memaparkan sejumlah contoh kesuksesan di negara lain, baik dari Asia, Eropa, dan Amerika Utara sehingga bisa membantu peserta merencanakan strategi untuk menangani kebutuhan organisasi, membuat perencanaan secara strategis, dan mengkomunikasikan pentingnya Teknologi Pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara, ”jelas Harris.

GESS Indonesia, yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada 26-28 September 2018, menampilkan program konferensi tingkat tinggi yang juga mencakup sesi-sesi yang mencakup tren terbaru dalam STEAM, Digital Special Education Needs (SEN), untuk memamerkan manfaat olahraga, musik, dan drama dalam pendidikan.

“Selain agenda konferensi top-notch, GESS Indonesia juga akan memamerkan produk dan solusi yang berfokus pada pendidikan terbaru dari perusahaan dan merek local serta internasional terkemuka selama pameran tiga hari,” kata Matt Thompson, Project Director, Tarsus F & E, penyelenggara GESS Indonesia, bagian dari serangkaian acara pendidikan global yang berlangsung di Dubai serta Turki dan Meksiko.

Menurut Hansen, beberapa solusi Edtech yang dapat dimanfaatkan sekolah-sekolah Indonesia termasuk menggunakan MOOC (kursus online terbuka besar-besaran) yang menyediakan akses ke pengembangan profesional kelas dunia bagi para guru. “Siswa juga dapat melengkapi pengalaman belajar di kelas mereka dengan konten dari guru dari setiap mata pelajaran dan industri. Selain itu, alat-geo yang sekarang tersedia untuk VR dan augmented reality memungkinkan siswa untuk membuat perjalanan pembelajaran mereka sendiri dalam 3D, dengan biaya yang sangat kecil hingga nol. Pada akhirnya, Internet of Things menghubungkan semua yang kita gunakan di seluruh dunia, sehingga para siswa harus memahami peran pemrograman dan pengkodean pengalaman. Ini adalah waktu yang menyenangkan bagi para pendidik”.

Para profesional pendidikan dan pengambil keputusan dari sekolah-sekolah yang ingin mendengar pakar pendidikan menyajikan wawasan terbaru tentang pendidikan serta mengeksplorasi berbagai produk dan solusi yang berfokus pada pendidikan dapat melihat agenda terbaru dan rincian pendaftaran di www.gessindonesia.com.

 

Tentang F&E

F & E adalah salah satu nama yang paling berpengaruh di Timur Tengah dalam sektor event organiser, melaksanakan trade events internasional di berbagai pasar sejak 1958. F&E telah mengembangkan fokus khusus dalam memproduksi acara di Timur Tengah dan sangar bangga dengan pengetahuan pasar yang dalam dani juga relasi yang kami telah jalani  di  berbagai wilayah. Portofolio kami meliputi acara industri terkemuka seperti Dubai Airshow, GESS (Gulf Educational Supplies & Solutions), Gulf Print & Pack dan MEBA (Middle East Business Aviation). Kami berdedikasi untuk memberikan acara yang berkualitas tinggi yang menghubungkan pembeli dan penjual dari seluruh seluruh dunia dan memungkinkan klien kami untuk memaksimalkan laba atas investasi mereka. F & E menjadi anggota dari Tarsus group plc, bisnis-ke-bisnis media group internasional pada tahun 2007. untuk informasi lebih lanjut tentang F & E, silakan kunjungi www.fegroup.ae.

 

Tentang PT Infrastructure Asia (IA)

Merupakan anak dari Tarsus Group Company, IA adalah penyelenggara pameran dan konferensi yang berpusat di Jakarta Indonesia. PT Infrastructure Asia bekerja sama dengan pemerintah indonesia mengembangan acara tahunan Indonesia Infrastructure Week (IIW) yang merupakan acara infrastruktur terbesar di Indonesia. IIW mencakup berbagai sektor seperti konstruksi, Airport and Aviation Indonesia, Connect Expo Comm Indonesia dan Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition atau disingkat IIICE. IA meluncurkan IIICE pertama kali pada awal tahun 2019 bersamaan dengan pertemuan para menteri keuangan yang tergabung dalam UNESCAP dimana dialog utama membahas kerjasama pembangunan infrastruktur di kawasan Asia Pasifik. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.indonesiainfrastructureweek.com. (Very)

Artikel Terkait