Nasional

BMKG Prediksi Bulan Oktober, Jakarta Masuk Musim Penghujan

Oleh : hendro - Sabtu, 22/09/2018 14:16 WIB

Ilustrasi

Jakarta, INDONEWS.ID– Diperkirakan  pada bulan Oktober mendarang, musim hujan dengan curah tinggi bakal melanda Jakarta dan sejumlah wilayah lain.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berharap pekerjaan pengerukan kali di Jakarta bisa selesai sebelum musim hujan.

“Diharapkan seluruh proyek pengerukan kali di Jakarta sudah selesai sebelum musim hujan datang,”kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo di Jakarta, Jumat (21/8/2018) kemarin.

Prabowo menjelaskan, hujan yang mulai turun dengan intensitas rendah saat ini memang belum memiliki dampak cukup jauh. Hal tersebut mengingat hujan yang datang kali disebabkan sirklon tropis mangkhut yang berasal dari Filipina.

Sirklon ini mengganggu angin panas yang datang dari Australia. Sehingga angin panas itu menyebar ke bagian selatan sumatera hingga ke arah barat.

Sementara dampak siklon mangkhut kemudian membuat wilayah Pulau Jawa, Kalimantan hingga sisi Sumatera timur menjadi hujan.

Meski demikian,Prabowo mengatakan, pada awal Oktober curah hujan masih intensitas sedang dengan kisaran 100-120 mililiter per bulan.

Sementara itu ditempat terpisah, dalam merespon BMKG, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah memerintahkan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta agar menuntaskan pengerukan kali.

 “Peringatakan BMKG harus kita respon posisit agar seluruh unit kerja siaga mengantisipasi berbagai hal,”katanya. (Hdr)

Artikel Terkait