Internasional

Indonesia Dipercayakan Sebagai Koordintor dan Administrator MSS ENC

Oleh : luska - Senin, 24/09/2018 16:30 WIB

Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro mengadakan pertemuan dengan Chief Hydrographer Singapura Dr. Parry Oei di Singapura membahas handling over MSS ENC.(Humas Pushidrosal)

Singapura,INDONEWS.ID - Indonesia akan menjadi Koordinator dan Administrator MSS ENC (Malacca Singapore Strait Electronic Navigational Charts) menggantikan Singapura. Secara formal serah terima koordinator MSS ENC akan dilaksanakan pada awal bulan Desember 2018 di Jakarta yg akan dihadiri oleh Malaysia dan Jepang.

Penunjukan Indonesia menjadi Koordinator dan Administrator MSS ENC ini merupakan kepercayaan dunia internasional tentang kapabilitas Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Karena kemampuannya dan perkembangan yang significant khususnya bidang Marine Spatial Data Infrastructure (MSDI), dan diyakini, akan lebih meningkatkan keselamatan navigasi di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Membahas serah terima tersebut, Kapushidrosal, Laksda TNI Harjo Susmoro,mengadakan pertemuan dengan Chief Hydrographer Singapura Dr. Parry Oei di Singapura rangkaian bilateral handing over MSS ENC (Malacca Singapore Strait Electronic Navigational Charts) Chairman dan Administrator dari singapura ke Indonesia.

Kedua Chief Hydrographer masing-masing negara tersebut melakukan Penyerahan data dan dokumen MSS ENC, dilanjutkan dengan diskusi perkembangan MSS ENC, pola dan prosedur pengelolaan MSS ENC. Selain itu, juga membahas potensi serta issue terkait faktor-faktor keselamat navigasi pelayaran di Selat Malaka dan Selat Singapura serta kerja sama dalam upaya memberikan jaminan navigasi pelayaran di selat terpadat di dunia tersebut di masa yang akan datang.

Beberapa isu yang menjadi perhatian Indonesia dan Singapura antara lain verifikasi laporan dari pengguna laut, kecelakaan kapal fery di Barelang, fenomena sand wave di Selat Malaka, Marine Safety Information (MSI), Marine Electronic Highways (MEH) dan lain-lain. Melalui koordinasi antara negara di Selat Malaka dan Selat Singapura, diharapkan dapat meningkatkan jaminan keselamatan pelayaran di kawasan tersebut guna mendukung kebijakan pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Malacca Singapore Strait Electronic Navigational Charts (MSS ENC) adalah produk ENC dari negara littoral states (Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Japan Hydrographic Assosiation /JHA, sebagai distributor ENC) di Selat Malaka dan Selat Singapura sejak tahun 2005. Sejak MSS ENC edisi pertama diluncurkan Singapura telah menjadi koordinator dari MSS ENC.

Sebagai mandat dari MSS ENC Steering Committee yang dilaksanakan pada bulan Februari 2018 di Tokyo Jepang, akan dilakukan rotasi koordinator MSS ENC dan Indonesia menjadi disepakati sebagai koordinator MSS ENC berikutnya. Proses peralihan koordinator memerlukan proses yang cukup panjang dan saat ini telah dilaksanakan technical assistance berkelanjutan dari Singapura ke Indonesia.

 

Artikel Terkait