Nasional

Pushidrosal Kirim Tim Survei Tanggap Darurat ke Donggala dan Palu

Oleh : luska - Selasa, 02/10/2018 11:08 WIB

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) Mengirim Tim Survei Tanggap Darurat bencana alam ke Donggala dan Palu, Senin (1/10/2018).

Tim survei tanggap darurat Pushidrosal berjumlah 6 personel, dipimpin Dan Tim Survei Mayor Laut (P) Yohanis L. Kalambo diberangkatkan Senin, 1 Oktober 2018, dengan membawa peralatan survei hidro-oseanografi canggih, diantaranya peralatan pendeteksi bawah air Multibeam Echosounder yang dapat mendeteksi kedalaman sampai dengan 500 m, Side Scan Sonar, CTD ( Conductivity Temperature Depth), serta Alat ukur pasang surut.

Penanggulangan bencana khususnya gempa bumi membutuhkan sinergitas antara kelembagaan pemerintah, dan segenap komponen masyarakat dalam penanggulangan bencana serta upaya tanggap darurat dalam memetakan daerah terdampak bencana dan pemetaan area akses maupun daerah bencana.

Menurut Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, Pushidrosal mempunyai tanggung jawab untuk memberikan kontribusi dalam membantu mengatasi bencana dan SAR yang terjadi di perairan Indonesia. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan sumbangsih serta juga Tugas Pushidrosal.

Dijelaskannya, Tim Pushidrosal akan melakukan survei dan pemetaan hidro-oseanografi di daerah bencana, yaitu perairan Palu dan Donggala yang diguncang gempa bumi 7,4 Scala Richter dan tsunami guna mendukung pemerintah dalam mitigasi bencana maupun dukungan penanggulangan bencana.

Kegiatan Tim.Survei Tanggap Segera Pushidrosal akan melakukan pengumpulan dan pengolahan data hidrografi utuk berikan jaminan keselamatan navigasi dan pelayaran di alur dan perairan sekitar pelabuhan TNI AL maupun Pelabuhan umum, pemilihan pantai utk beacing Kapal LST yang membawa bantuan logistik dan obat-obatan serta pengecekan detail pantai yang telah mengalami perubahan untuk up dating peta laut.

Artikel Terkait