Daerah

Gunung Soputan Kembali Keluarkan Abu Setinggi 3.309 Meter

Oleh : very - Kamis, 04/10/2018 13:01 WIB

Gunung Soputan meletus lagi. (Foto: PVMGB)

Manado, INDONEWS.ID - Gunung Soputan, Sulawesi Utara kembali mengeluarkan erupsi pagi ini, Kamis (4/10), pukul 06:36 WITA dengan tinggi kolom abu teramati +- 1.500 m di atas puncak (+- 3.309 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat daya dan barat.

Dilaporkan sebelumya telah terjadi erupsi G. Soputan pada tanggal 03 Oktober 2018 pukul 11:52 WITA dengan tinggi kolom abu teramati +- 5.000 m di atas puncak (+- 6.809 m di atas permukaan laut). Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi +- 12 menit 35 detik.

Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah meningkatkan status Gunung Soputan sejak tanggal 3 Oktober 2018 pukul 01:00 WITA dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

Dalam Level III (Siaga) PVMBG merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak G. Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6.5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah.

Hal ini untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas serta mewaspadai potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi yaitu dimana material erupsi terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng G. Soputan, seperti di antaranya Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

Selain itu, untuk mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu, masyarakat di sekitar G. Soputan dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut.

Masyarakat di sekitar G. Soputan juga diharap tetap tenang, tidak terpancing isu-isu letusan G. Soputan. PVMBG selalu berkoordinasi dengan BNPB, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Pemerintah Kabupaten Minahasa, Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara tentang aktivitas G. Soputan. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Pemerintah Daerah agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan G. Soputan di Silian Tiga, Kecamatan Silian Raya, Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. (Very)

Artikel Terkait