Nasional

Kirim Bantuan Logistik Korban Gempa ke Wilayah Pelosok, TNI AL Mengerahkan Helikopter Panther

Oleh : luska - Kamis, 04/10/2018 13:30 WIB

Helikopter Panther milik TNI AL yang dikerahkan untuk kirim bantuan logistik kepada korban gempa serta tsunami Palu dan Donggala di daerah pelosok.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI AL Dwi Sulaksono mengatakan TNI AL mengerahkan Helikopter Panther untuk mengoptimalkan distribusi bantuan ke lokasi gempa Palu dan Donggala Sulawesi Tengah.

Hal tersebut dijelaskan Dwi Sulaksono melalui rilis dari Dinas Penerangan (Dispen) Lantamal di Makassar, Kamis (4/10/2018),

Dalam rilis tersebut dijelaskan Helikopter Panther ini hanya dimaksimalkan di daerah Sulawesi Tengah, logistik kiriman dari Makassar tetap diangkut menggunakan KRI, sedangkan sisanya setelah tiba di Palu baru menggunakan helikopter.

Helikopter milik TNI AL itu akan mendistribusikan bantuan ke daerah-daerah yang tidak terjangkau karena keterbatasan akses.

Beberapa daerah yang menjadi sasaran pendistribusian, seperti Parigi Moutong dan lainnya. Pihak TNI AL untuk sementara fokus di daerah tersebut sebelum pindah ke daerah lainnya.

Laksma Dwi Sulaksono menyatakan penggunaan transportasi udara lebih memungkinkan dan cepat dilakukan karena akses ke beberapa daerah masih sulit ditembus dengan menggunakan jalur darat.

"Kami senantiasa untuk berusaha mempercepat pendistribusian lewat jalur manapun juga karena masyarakat yang menjadi korban bencana alam gempa dan tsunami ini telah mengalami krisis makanan dan minuman sejak beberapa hari yang lalu pascabencana ditambah dengan kondisi perekonomian di Sulteng yang belum berjalan dengan baik," ucap Danlantamal VI Laksma TNI Dwi Sulaksono. (Lka)

Artikel Terkait