Nasional

Ini Pesan Jokowi di HUT TNI ke-73

Oleh : budisanten - Jum'at, 05/10/2018 12:10 WIB

Presiden Jokowi sedang memeriksa barisan TNI di HUT TNI ke-73. (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya dengan tegas menyampaikan, prajurit TNI berkewajiban pegang teguh sumpah prajurit, pegang teguh prinsip politik negara.

Itulah beberapa pesan yang dilontarkan Jokowi di HUT TNI ke-73 di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10). Dihadapan para prajurit TNI, Orang Nomor Satu di Indonesia yang memegang pucuk pemerintahan mengatakan, dirinya bersama TNI bertugas memberantas komunisme dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"Prajurit TNI harus pegang teguh prinsip politik negara, sebagaimana diamanahkan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman," ungkap Jokowi dalam pidatonya.

Jokowi tak menapik bahwa tugasnya adalah sebagai Panglima Tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara TNI bersama prajurit TNI menjaga kedaulatan NKRI, Pancasila, dan UUD 1946 serta Bhinneka Tunggal Ika.

Sebagai Kepala Negara, ia mengaku harus memastikan agar TNI bisa membangun diri sesuai rencana strategis yang telah dirumuskan.

"TNI makin profesional, menjadi alat pertahanan negara yang tangguh. Dan memastikan agar ke depannya prajurit dan keluarga TNI menjadi lebih sejahtera di mana pun saudara-saudara bertugas," jelas Jokowi.

Jokowi Inspektur Upacara

Tepat pukul 08.30 WIB, Jokowi tiba di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Kedatangannya disambut oleh Panglima TNI Marsekal hadi Tjahjanto. Pada HUT TNI ke-73 ini, Presiden Jokowi menjadi Inspektur Upacara.  

Sekitar 20 menit kemudian, Jokowi yang didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi memasuki kawasan mimbar kehormatan. Dan upacara HUT TNI ke-73 diselenggarakan dengan tertib dan baik. (Abdi.K)

Artikel Terkait