Nasional

Bantu korban Bencana Alam, BPPT-Kemenristekdikti Kirim 360 implan Tulang Buatan

Oleh : hendro - Sabtu, 06/10/2018 07:15 WIB

Sesjen Kemristekdikti Ainun Na’im saat menyerahkan implan buatan untuk dikirim ke daerah bencana

Jakarta, INDONEWS.ID – Untuk membantu para korban bencana gemba bumi dan tsunami di Sulawesi tengah dan Lombok, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengirimkan bantuan 360 keping implan tulang buatan anak bangsa kepada korban bencana alam.

Menurut Sesjen Kemristekdikti Ainun Na’im, bantuan alat-alat kesehatan seperti ini sangat penting karena bantuan kemanusiaan sangat diperlukan agar para korban dapat sehat kembali sekaligus pengembangan alat-alat kesehatan sebagai teknologi terbarukan dalam bidang industri farmasi dan alat kesehatan yang dilakukan BPPT bersama PT Zenith.

“Terima kasih atas dukungan dari BPPT bersama PT Zenith yang  telah membantu untuk membangun kembali daerah dan juga penduduk yang terkena musibah bencana alam khususnya untuk alat-alat kesehatan yaitu implan tulang ini,” ujar Ainun Na’im saat melakukan penyerahan implan tulang bersama BPPT dan PT Zenith di kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (5/10).

Ditempat yang sama, Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi, dan Material (TIEM) BPPT, Eniya Listiyani Dewi mengatakan, produk implan tulang tipe 316L (SS 316L) hasil inovasi BPPT bersama PT Zenith yang diberi nama Zenmed+ ini menggunakan bahan material stainless steel dan memanfaatkan bahan baku utama besi nikel (ferro-nickel) lokal yang dalam segi kualitas tidak jauh berbeda dengan implan tulang yang ada saat ini.

“Kami memberikan implan tulang buatan anak bangsa ini untuk saudara-saudara kita yang sedang terkena musibah bencana alam beberapa waktu lalu. Implan tulang ini bisa digunakan untuk para korban yang mengalami patah tulang. Sebelumnya kami juga sudah memberikan bantuan ini untuk Lombok dan sekarang akan kita berikan juga untuk Palu dan Donggala,” ujar Eniya.(hdr)

Artikel Terkait