Olah Raga

Selain Memperoleh Medali Emas, Rica Oktavia Juga Berhasil Pecahkan Rekor Asia

Oleh : Ronald - Senin, 08/10/2018 18:32 WIB

Rica Oktavia, atlet dari cabang olahraga Para Atletik Lompat Jauh T20 Putri, berhasil meraih medali emas dengan perolehan jarak lompatan sejauh 2,52 meter dan dari hasil ini menjadi rekor baru di Asia.

Jakarta, INDONEWS.ID – Kemenangan Rica Oktavia pada cabang olahraga para atletik bisa dikatakan sebagai sesuatu yang membanggakan. Bagaimana tidak, lompatan yang berhasil dibuat oleh Rica sejauh 5,25 meter itu ternyata juga merupakan rekor baru di Asia.

Sebelumnya, pada cabang olahraga lompat jauh kategori T20 putri ini memiliki rekor jarak lompatan sejauh 5.20 meter yang berhasil diciptakan oleh atlet disabilitas Malaysia, Siti Noor Radiah Ismail. Lompatan ini berhasil diraihnya pada Paralimpiade 2016 di Brasil.

Sementara pada event Asian Para Games 2018 ini, Siti Noor hanya mampu meraih lompatan sejauh 5.18 meter dan berhasil mendapatkan medali perak. Sedangkan untuk perolehan medali perunggunya berhasil atlet asal Jepang, Sakai Sonomi dengan hasil lompatan sejauh 5,02 meter.

Kepada media, Rica mengucapkan syukur dan turut senang atau pencapaiannya itu. "Alhamdulillah bisa melewati rekor Asia. Saya senang bisa mencapai target medali emas," ujar Rica di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (8/10).

Meski demikian, dengan perolehan medali emas yang didapatkannya pada Asian Para Games 2018 ini, Rica mengaku tidak langsung berpuas diri. Dirinya mengaku masih memiliki target tersendiri yaitu untuk bisa tampil di ajang multicabang olahraga disabilitas dunia.

"Saya mau bertanding di Paralimpiade di Tokyo. Kemudian, saya juga akan menaikkan haji ayah dan ibu," ujar atlet berusia 25 tahun itu.

Yang juga membanggakan dan patut untuk kita ketahui bersama,pada Asian Para Games 2018 ini, Rica bukan hanya turun pada nomor lompat jauh T20. Dia juga turun di nomor tolak peluru F20 putri. Sayangnya ia gagal meraih medali. Selamat Rica, kemenanganmu tidak sia-sia. (ronald)

Artikel Terkait