Olah Raga

Jelang Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Akan Uji Coba Melawan Myanmar

Oleh : Ronald - Rabu, 10/10/2018 08:50 WIB

Asisten Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti

Bekasi, INDONEWS.ID - Asisten pelatih Timnas senior Indonesia Bima Sakti mengatakan uji coba melawan Myanmar di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (10/10/2018) dijadikan ajang pemanasan menjelang Piala AFF 2018 pada November mendatang meski tidak didampingi pelatih kepala Luis Milla.

"Pertandingan ini penting untuk persiapan Piala AFF nanti," kata asisten pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti, kepada wartawan Selasa malam (9/10) di Bekasi.

Mantan pemain nasional itu juga menilai Myanmar merupakan tim bagus yang mempunyai kolektivitas tim baik. Karena itu, laga tersebut akan menjadi momen pembenahan sebelum skuatnya resmi berlaga di Piala AFF pada bulan depan.

"Myanmar adalah tim kuat dengan organisasi pertahanan bagus," sambungnya.

Bima mengaku telah melakukan evaluasi dari hasil uji coba sebelumnya melawan Timnas Mauritius. Meskipun dalam laga tersebut, Timnas menang 1-0, dirinya tak memanggil lagi pemain seperti Boaz Salossa dan Riko Simanjuntak. Sebagai gantinya akan ada dua skuat garuda baru yang akan mengawali debutnya, yaitu Esteban Viscara dari Sriwijaya FC dan Alfath Fathier dari Madura United.

"Ada banyak perubahan yang kami lakukan, karena melihat perkembangan tim yang akan dihadapi," ujarnya.

Sementara itu, Bima juga mengungkapkan bahwa yang menjadi fokusnya adalah bagaimana meningkatkan kualitas di lini pertahanan serta membenahi transisi dari menyerang ke bertahan.

Meski begitu untuk strategi yang akan dipakai, kata Bima, tidak banyak mengalami perubahan sejak Asian Games lalu karena karakter permainan Indonesia sudah terbentuk, seperti banyak melakukan serangan melalui sayap. Bahkan Bima mengaku masih terus berkomunikasi dengan Luis Milla yang berada di Spanyol.

Komposisi tim juga masih banyak mengandalkan pemain di bawah usia 23 tahun. Adapun pemain-pemain baru yang dipanggil adalah hasil pemantauan selama Liga 1 bergulir.

"Semua masih punya kesempatan, kami juga terus melakukan pemantauan," tandasnya. (ronald)

Artikel Terkait