Nasional

Syarkawi Rauf: Kita Bisa Menekan Dolar dengan Cara Ini

Oleh : Abdi Lisa - Rabu, 10/10/2018 20:25 WIB

Syarkawi Rauf, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin (Foto Abdi)

Jakarta, INDONEWS ID – Kenaikan Dolar memang tidak bisa dipungkiri kini, akibat suku bunga Amerika yang tinggi. Dibalik drastisnya nilai dolar yang membumbung tinggi, Akademisi, Syarkawi Rauf mempunyai trik untuk stabilkan nilai mata uang Amerika Serikat ini.

Kenaikan dolar yang kini mencapai angka Rp15.158 juga dikarenakan adanya faktor perang dagang Amerika Serikat dengan China yang membuat sentimen negatif negara berkembang seperti Indonesia

“Yang perlu dipikirkan adalah bagaimana stabilkan dolar. Ada cara tersendiri untuk menurunkan dolar. Menurut saya, apa yang dikatakan Presiden Jokowi benar. Cara yang tepat untuk atasi kelemahan rupiah terhadap dolar yaitu menunda import biaya produksi yang tidak dibutuhkan,” kata pria yang berprofesi sebagai Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Makassar yang ditemui Indonews di Balai Sarwono, Rabu (10/10).

Ia menuturkan mendorong dunia pariwisata adalah yang tepat dijalani untuk mendongkrak nilai rupiah. Dengan mendatangkan turis mancanegara ke Tanah Air nilai rupiah semakin berarti.

“Semoga pertemuan IMF membawa nilai rupiah yang perlahan-lahan menguat,” katanya yang yakin rupiah akan menguat lagi dalam waktu singkat ini. (Abdi.K)

Artikel Terkait