Nasional

Menengok Sekilas Perjalanan Sonia, Putri Indonesia 2018

Oleh : Abdi Lisa - Kamis, 11/10/2018 21:01 WIB

Putri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS ID – Perempuan cantik, pintar dan piawai dalam segala pemikirannya ini pantas dipercaya sebagai Putri Indonesia 2018. Padahal usianya baru 25 tahun.

Bagaimanakah lintasan perjalanan yang dialaminya hingga menjadi posisi nomor satu Putri Indonesia 2018 wakil dari Bangka Belitung?

Ia kelahiran Tanjung Pandan, 27 April 1993 lalu, yang merupakan putri dari pasangan Ken Prayoga dan Fransisca Eveline Burtner. Anak bungsu dari enam bersaudara. Pandai olahraga Taekwondo.

Selepas kuliah di Binus, jurusan Sastra Inggris langsung diterima bekerja tanpa harus menunggu lama. Digital Marketing adalah pekerjaan yang dilakoninya sebelum menjadi Sang Putri.

“Saya mengawali karirnya di dunia model tahun 2005 melalui pemilihan wajah model remaja Bangka Belitung. Dari sinilah karir saya melonjak menjadi Putri Pariwisata Bangka Belitung tahun 2010,” ujar Sonia kepada Indonews, Rabu (10/10).

Awalnya ia tidak yakin akan terpilih menjadi Putri nomor satu di kancah pariwisata. Bayangkan saja semua finalisnya ia tepiskan. Ia harus berlagak kebolehannya di dunia putri demi mengalahkan sebelas finalis lainnya.

Tanpa diperkirakan olehnya, namanya terpanggil untuk menjabat sebagai Putri Pariwisata Bangka Belitung 2010. Atas kemenangan yang diraihnya, ia berhak mewakili Bangka Belitung di Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2010 di Jakarta pada bulan Oktober 2010. Ia berhasil mendapatkan gelar Putri Pariwisata Indonesia 2010.

Dua tahun kemudian, ia ditunjuk oleh El John Pageants pemilik lisensi Miss Oriental Tourism 2012 yang diadakan untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Mei 2012 di Tiongkok. Di ajang ini, ia menempati posisi 10 Besar dari 50 peserta.  

Di kontes Miss Oriental Tourism 2012, ia menampilkan capoeira pada sesi unjuk bakat. Untuk penampilannya, ia mengenakan gaun rancangan Geraldus Sugeng.

Putri Indonesia Intelegensia

Ia terpilih sebagai Puteri Indonesia Bangka Belitung 2018 yang menjadikannya sebagai perwakilan provinsi Bangka Belitung pada kontes Putri Indonesia 2018. Di ajang Puteri Indonesia 2018, perempuan yang mempunyai tinggi badan 178 centimeter ini terpilih sebagai pemenang. Predikat Puteri Indonesia Intelegensia dan 3 Besar Best in Traditional Costume disabetnya.

Atas kemenangannya itu, perempuan berkulit putih ini berhak mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2018. (Abdi.K)

Artikel Terkait