Nasional

Solidarity Week For Palestine Wujud Dukungan Kemenlu RI dan Pemkot Bandung Terhadap Palestina

Oleh : Ronald - Minggu, 14/10/2018 15:35 WIB

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Palestina, Dr. Riad Malki turut menemani Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dalam peresmian Palestine Walk di Alun-alun Kota Bandung pada Sabtu, (13/10)

Bandung, INDONEWS.ID - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri Palestina, Dr. Riad Malki dan turut mendampingi Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan Palestine Walk : Road to Freedom, sebuah taman sepanjang 100 meter yang berada di Alun-alun Timur, Kota Bandung pada Sabtu, (13/10).

Peresmian tersebut merupakan rangkaian kegiatan Indonesian Solidarity Week for Palestine yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri RI pada tanggal 13-17 Oktober 2018. Acara ini menjadi wujud ungkapan solidaritas Indonesia dalm mendukung kemerdekaan Palestina.

Dikatakan Menteri Retno, dipilihnya kota Bandung karena kota ini menyimpan sejarah besar bagi hubungan persahabatan Indonesia dan Palestina. Oleh karena itu, "Palestine Walk" ini menjadi simbol persatuan dan dukungan penuh warga Kota Bandung dan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

"Palestine Walk menggambarkan dukungan dan komitment masyarakat Indonesia, khususnya Kota Bandung terhadap perjuangan rakyat Palestina dan sebagai pengingat agar semangat perjuangan tersebut tetap beresonasi di hati kita," ujar Menteri Retno.

Ditambahkan Retno, Kota Bandung memang memiliki hubungan yang erat dalam dukungan Indonesia untuk kemerdekaan bangsa Palestina. Retno menyebutkan, pada tahun 1955, Bandung menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) pertama yang salah satunya menghasilkan dukungan negara-negara Asia dan Afrika untuk Palestina. Semangat perjuangan itu dinyatakan kembali dalam pertemuan KAA tahun 2005 dan tahun 2015 di Kota Bandung.

"Tugu monumen KAA sebagai salah satu titik akhir Palestine Walk melambangkan harapan pencapaian kemerdekaan Palestina yang menjadi tujuan besar negara-negara angoota KAA. Dukungan bangsa Indonesia tidak pernah luntur hingga Rakyat Palestina memperoleh kemerdekaan, Palestina selalu ada dalam nafas diplomasi Indonesia," ujar Retno.

Sementara itu, Walikota Bandung Oded M. Danial sangat mengapresiasi dan juga berterima kasih karena Kota Bandung terpilih dalam rangkaian acara bersejarah ini. Oded berharap, acara seperti ini dapat mempererat persaudaraan Indonesia dan Palestina. Terlebih lagi, Palestina merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

"Ini merupakan simbol dukungan Indonesia terhadap Palestina. Landscape memorial dukungan Indonesia ini juga merupakan monumen persahabatan kedua negara. Saya berjanji, selaku Walikota Bandung akan menjaga dan merawat jalan ini sebagai simbol persahabatan dua negara. Semoga acara ini dapat menghadirkan spirit agar Rakyat Palestina cepat mendapat kemerdekaan. Dengan memohon rahmat Allah SWT, kita berharap Palestina akan segera merdeka," ujar Oded.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Palestina, Dr. Riad Malki mengungkapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Indonesia dan juga Kota Bandung atas dukungan terhadap Rakyat Palestina.

"Saya sampaikan salam dari saudara-saudara Anda di Palestina, yang setiap hari, setiap jam, setiap detik terus berjuang untuk kebebasan dan kemerdekaan," tandas Riad.  (ronald)

Artikel Terkait