Internasional

Antrean Panjang di Kanada Demi Membeli Ganja

Oleh : Abdi Lisa - Kamis, 18/10/2018 11:28 WIB

Warga Kanada rela antre demi membeli ganja. (Foto AFP)

Kanada, INDONEWS ID - Kanada telah melegalkan ganja untuk keperluan medis tahun 2001. Tapi kini Kanada sudah menjadi negara dengan pasar ganja yang dilegalkan.

Buktinya saja para pecinta ganja rela antre demi membeli ganja. Hal ltulah yang terjadi di Newfoundland. 

Pemerintahan Perdana Menteri Justin Trudeau selama dua tahun terakhir berusaha memperluas aturan itu untuk memasukkan di dalamnya apa yang disebut ganja rekreasi.

Tujuannya tak lain untuk lebih mencerminkan perubahan opini di kalangan masyarakat tentang ganja dan menarik operator marijuana di pasar gelap masuk ke dalam sistem yang diatur. 

Seperti yang dituturkan oleh Tom Clarke, seorang penjual ganja ilegal selama tiga dekade terakhir, termasuk yang pertama melakukan penjualan ganja legal di Kanada ketika toko ganja resminya dibuka tepat tengah malam waktu setempat di Portugal Cove, Newfoundland.

Toko ini merupakan satu dari setidaknya 111 toko ganja legal yang diharapkan akan mulai beroperasi di seluruh Kanada yang berpenduduk 37 juta orang pada hari Rabu (16/10) waktu setempat. 

Pesan Ganja Via Situs Web
Seperti yang dicukil dari AFP, tertulis warga Kanada dapat pesan ganja melalui situs web yang dikelola oleh provinsi atau peritel swasta dan mengirimkannya ke rumah mereka melalui pos.

Walaupun ganja dijual secara legal, namun pemerintah Kanada tetap memberikan batasan usia yang diperbolehkan dalam membeli ganja tersebut. Usianya minimal 18 tahun. 

Legalnya penjualan ganja itu juga diungkapkan oleh Ryan Bose, 48, seorang pengemudi Lyft di Toronto, mengatakan sudah waktunya ganja dilegalkan di wilayahnya. 

Sebuah aturan yang bersifat tambal sulam telah menyebar di Kanada karena setiap provinsi mengambil pendekatan sendiri terhadap aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah Federal. Beberapa memilih mengoperasikan toko yang dikelola pemerintah, beberapa mengizinkan pengecer pribadi, beberapa menerapkan kedua model itu. 

Pendekatan nasional di Kanada ini memungkinkan industri ganja yang tidak diatur melakukan transaksi perbankan, pengiriman ganja lintas provinsi dan investasi ganja legal bernilai miliaran dolar kondisi ini sangat kontras dengan larangan ganja yang berskala nasional di Amerika Serikat. (Abdi.k)

Artikel Terkait