Bisnis

Smesco Indonesia Fasilitasi 12 UKM Binaan Siap Ekspor

Oleh : Ronald - Kamis, 18/10/2018 13:01 WIB

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) atau Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi.

Jakarta, INDONEWS.ID - Pameran "Trade Expo Indonesia (TEI) ke-33 tahun 2018" yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan PT Debindomulti Adhiswasti di ICE BSD Tangerang, pada 24-28 Oktober 2018 nanti turut melibatkan partisipasi dari Smesco Indonesia. 

Keikutsertaan Smesco Indonesia dalam pameran produk ekspor Indonesia bertaraf internasional dengan fokus business to business ini, adalah dengan memfasilitasi sebanyak 12 UKM mitra binaan siap ekspor. Adapun ke-12 UKM tersebut berkategori multi produk, yaitu makanan dan minuman, herbal , handicraft, homedeco, serta aksesoris.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi mengatakan, semua produk yang akan ikut dalam pameran tersebut telah melalui tahapan kurasi oleh Tim Kurator Smesco Indonesia yang diketuai oleh Samuel Wattimena selaku desainer ternama di Indonesia.

“Pada tanggal 5 Oktober 2018 telah dilakukan kurasi, dan dari calon peserta sebanyak 47 UKM terpilih 12 UKM diantaranya yang memiliki kemampuan ekspor,” kata Emilia Suhaimi di Jakarta, Rabu (17/10) berdasarkan rilis yang diterima.

Mengusung tema "Creating Products for Global Opportunities” TEI KE-33 tahun 2018 ini akan mempromosikan produk berkualitas buatan Indonesia yang diproduksi di Indonesia ke pasar global. Kemudian mengembangkan jejaring bisnis, dan investasi serta menyajikan showcase produk-produk unggulan dan terbaik dari Indonesia. 

“Keikutsertaan Smesco Indonesia punya tujuan, salah satunya adalah untuk membuka akses pasar luar negeri bagi UKM sehingga  nantinya bisa ekspor ke pasar luar negeri. Ini sekaligus diharapkan bahwa fungsi LLP-KUKM sebagai trading house dapat berjalan,” ujar Emilia.

TEI ke-33 tahun 2018 ditargetkan diikuti oleh 1110 peserta dengan jumlah 28.000 pengunjung, dan target transaksi sebesar 1,5 miliar dolar AS. Pengunjung ditargetkan berasal dari kalangan investor, importir, distributor, wholesaler, retailer, buying agent, serta pengunjung umum.

“Smesco Indonesia menargetkan kenaikan transaksi sebesar 10 persen dibandingkan tahun lalu,“ tambah Emilia. (ronald)


Artikel Terkait