Internasional

Pembukaan Jembatan Laut Terpanjang di Dunia Menuai Tanda Tanya

Oleh : Abdi Lisa - Jum'at, 19/10/2018 20:01 WIB

Jembatan Laut Terpanjang di Dunia (Foto Ist)

Hong Kong, INDONEWS ID – Jembatan laut yang konon kabarnya terpanjang di dunia resmi dibuka dan menuai kritik dan tanda tanya atas jembatan penghubung tersebut.

Jembatan laut terpanjang itu menghubungkan Hong Kong, Makau, dan China daratan. 

Konstruksi raksasa itu dimulai 2009 sepanjang 55 kilometer, yang meliputi bentang jembatan yang mengular dari terowongan bawah air, menghubungkan pulau Lantau Hong Kong ke kota daratan Tiongkok selatan Zhuhai dan daerah pusat perjudian Makau, melintasi perairan Muara Sungai Mutiara.

Jembatan penghubung itu telah dirusak penundaan. Adanya peningkatan  anggaran serta penuntutan korupsi. Dan, telah memakan korban pekerja konstruksi.

Sementara itu, para pendukung sangat senang karena jembatan itu merupakan keajaiban rekayasa. Proyek ini juga sebagai menara gading mahal yang dirancang untuk lebih mengintegrasikan Hong Kong ke daratan pada saat Beijing memperketat cengkeramannya pada kota semi otonom tersebut.
 
Seperti yang dicukil dari AFP, Jumat (19/10), karena adanya jembatan tersebut media lokal pun menerima undangan dari kantor penghubung Beijing di Hong Kong bahwa adanya upacara pembukaan. Namun undangan tersebut tidak adanya rincian yang pasti.

Begitu juga dengan seorang pejabat dari otoritas jembatan yang bermarkas di daratan bahwa jembatan tersebut dianggap terbuka tanpa adanya penjelasan terlebih dahulu.

Selanjutnya, media cetak China Daily juga mengabarkan bahwa jembatan itu terbuka untuk lalu lintas seusai upacara pembukaan.

Berbeda dengan kabar yang diterima dari anggota parlemen pro-demokrasi Kwok Ka-ki yang duduk di panel transportasi pemerintah Hong Kong. Ia hanya mengetahui adanya pembukaan jembatan tersebut dari media. Dirinya belum menerima undangan untuk pembukaan jembatan.

Menurut Kwok Ka-ki, jembatan tersebut harus terbuka dan digunakan oleh masyarakat sesegera. Namun ia sangat sangsi dengan keamanannya, apakah sudah tepat pengaturannya, dan diuji coba. Tak salah bila ia menduga adanya rahasia dibalik jembatan terpanjang tersebut. (Abdi.K)

Artikel Terkait