Daerah

Ketua Umum PBNU : Hari Santri Harus Jadi Momentum Penguatan Paham Kebangsaan

Oleh : Ronald T - Senin, 22/10/2018 14:20 WIB

Sejumlah tokoh nasional terlihat hadir memperingati Hari Santri Nasional di Tasikmalaya, Jawa Barat pada Senin, (22/10/2018).

Tasikmalaya, INDONEWS.ID - Ketua Umum PB NU, Kiai Said Agil Siradj, menjelaskan bahwa santri selalu berperan dalam berbagai peristiwa perjuangan bangsa. Sejak kemerdekaan 1945, ketika menghadapi pemberontakan DI/TII, peristiwa 1965, 1983-84 ketika mempelopori penerimaan Pancasila sebagai asas tunggal, hingga Reformasi 1998.

Menurutnya, momen Hari Santri harus jadi momentum penguatan paham kebangsaan. "Bagian dari spirit nasionalisme. Hubbul Watan Minal Iman, harus digalakkan," tukas Kiai Said Agil dalam upacara Apel Hari Santri yang digelar di Lapangan Dadaha, Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (22/10/2018).

Kiai Said Agil juga menyampaikan rasa syukur karena RUU Pesanten dan Pendidikan Keagamaan sedang diproses di DPR RI. Hal itu merupakan bagian dari perjuangan menjadikan negara Indonesia aman, makmur, berkepribadian, dan berakhlak.

"Kita harap RUU ini segera dijadikan undang-undang," pungkasnya.

Sementara itu, didalam pidatonya dihadapan para santri, KH Said Agil juga mendoakan pria yang menjadi cawapres nomor urut satu ini. 

"Professor Kiai Ma`ruf Amin, yang Insya Allah....," kata Kiai Said Agil sambil matanya memandang ke ribuan santri di hadapannya, seakan mendoakan dan mengajak yang lainnya turut berdoa dalam hati.

"Aminnnn..." kata Kiai Ma`ruf. Yang disambut teriakan `amin` dari para santri peserta acara.

Peringatan Hari Santri Nasional ini diikuti oleh ribuan santri dari wilayah Tasikamalaya dan sekitarnya, bersama tokoh masyarakat dan alim ulama, yang sudah berkumpul di lapangan itu sejak pagi hari. 

Di acara itu, hadir beberapa tokoh nasional, seperti KH Ma`ruf Amin, KH Said Agil Siradj, Penjabat Rais Aam NU KH Miftahul Akhyar, Menkpolhukam Wiranto mewakili Presiden RI, Ketua Umum PKB yang juga Panglima Santri Muhaimin Iskandar, hingga Ketua DPD PDIP Jawa Barat Tb Hasanuddin. (ronald)

Artikel Terkait