Daerah

Presiden Jokowi Meresmikan Bandar Udara APT Kaltim

Oleh : Abdi Lisa - Kamis, 25/10/2018 20:01 WIB

Presiden Jokowi meresmikan Bandara APT Kaltim. (Foto Ist)

Samarinda, INDONEWS ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Presiden Jokowi yang mengenakan kemaja putih lengan panjang menandatangani peresmian Airport tersebut. Bandara yang dibangun atas inisiasi daerah ini, dipuji secara khusus oleh Presiden dan akan dijadikan percontohan bagi daerah lainnya.

“Saya sangat menghargai inisiatif pembangunan Bandara APT Pranoto ini yang diinisiasi oleh daerah. Pemerintah pusat hanya mendorong sedikit anggarannya. Ini akan saya pakai untuk contoh agar provinsi dan daerah lain mencontoh apa yang sudah dikerjakan oleh provinsi Kalimantan Timur,” ujar Jokowi saat peresmian yang didampingi oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor dan pejabat lainnya, Kamis (25/10).

Menurut Jokowi, tempat penerbangan pesawat ini memiliki potensi besar bagi masa depan perekonomian Kaltim. Apalagi mobilitas orang dan barang dari dan menuju bandara APT ini diperkirakan akan semakin meningkat untuk masa depannya.

Tak segan di saat peresmian itu, Presiden Jokowi menginstruksikan Menteri Perhubungan (Menhub) untuk memantau kepadatan bandara tersebut. Bila diperlukan ia meminta perluasan terminal hingga mencapai tiga kali lipat dari kapasitasnya sekarang ini.

“Sekarang terminalnya 12 ribu meter persegi. Saya minta maksimal dalam tiga tahun ke depan kalau kapasitasnya sudah tidak muat bisa diloncatkan ke 36 ribu meter persegi,” kata Jokowi.

Dikesempatan ini juga, ia memerintahkan Menhub agar sesegera mungkin menyiapkan penerbangan menuju Jakarta atau Surabaya dari bandara ini. Menurut Presiden penerbangan dengan rute itulah yang harus segera direalisasikan.

Masih menurut Presiden Jokowi, Bandara ini sangat tepat untuk dijadikan pengembangan pariwisata sebagai titik pertumbuhan ekonomi baru yang dibangun penuh oleh APBN, Kementerian Perhubungan. (Abdi.K)

Artikel Terkait