Gaya Hidup

Malam Puncak Ideafest, 7 Anak Muda Kreatif Menerima Penghargaan 9th Satu Indonesia Award 2018.

Oleh : Ronald - Minggu, 28/10/2018 06:20 WIB

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (tengah) bersama para penerima apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018 pada malam puncak IdeaFest 2018 di Jakarta (27/10).

Jakarta, INDONEWS.ID - Berbeda dengan awards sebelumnya, pada malam penghargaan 9th SATU Indonesia Awards 2018, apresiasi yang diberikan kepada 7 anak muda kreatif ini untuk pertama kalinya diadakan pada malam puncak Ideafest 2018, Sabtu (27/10) malam.

Resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, IdeaFest 2018 merupakan sebuah festival kreatif tahunan dalam mempertemukan profil-profil kreatif muda lintas industri.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa anak muda inilah yang menjadi harapan untuk menggerakan masa depan Indonesia. "Banyak lompatan-lompatan yang dikelola anak-anak muda generasi milenial. Mereka inilah yang menggerakkan Indonesia ke depan,” tutur Jokowi.

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2018 ini, pengggagas acara yaitu PT Astra International Tbk ingin memberikan apresiasi melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2018 kepada 7 anak muda yang berkontribusi dalam memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

“Astra menginisiasi program SATU Indonesia Awards karena kami percaya masa depan bangsa ini terletak di pundak anak muda Indonesia. Mereka inilah penggerak Indonesia ke depan. Tahun ini Astra berkolaborasi dengan IdeaFest 2018 agar lebih banyak lagi dapat menginspirasi anak muda Indonesia, sehingga semakin banyak mereka membuat perubahan positif demi kemajuan bangsa,” ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dalam sambutannya.

Sebagai informasi, ketujuh anak muda penerima SATU Indonesia Awards 2018 ini antara lainnya adalah Nordianto (Kesehatan– Kalimantan Barat) dengan program edukasi kesehatan terhadap remaja usia sekolah, Surya Dharma (Pendidikan – Sulawesi Tengah) dengan program tuntas belajar 12 tahun, Mohamad Hanif Wicaksono (Lingkungan – Kalimantan Selatan) dengan program konservasi tanaman buah asli Kalimantan dan Franly Aprilano Oley (Lingkungan – Kalimantan Timur) dengan program pengelolaan karst. Selain itu ada Narman (Kewirausahaan – Banten) dengan program promosi dan penjualan kerajinan khas baduy, Azza Aprisaufa (Teknologi – Aceh) dengan program penyediaan kebutuhan masyarakat melalui aplikasi saufacenter.com serta Meidy Fitranto dan Faris Rahman (Kelompok – DKI Jakarta) dengan program pendirian perusahaan bernama Nodeflux untuk menyediakan teknologi berbasis intelligent video analytics dengan deep learning dan computer vision.

Tahun ini Astra memberikan bantuan dana kegiatan masing-masing senilai Rp60 juta dan pembinaan kegiatan kepada para penerima apresiasi. Saat ini, ada sebanyak 53 orang penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional dan 192 orang penerima apresiasi tingkat provinsi yang telah berkarya dalam berbagai kategori Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi dan Kelompok.

Sementara di tahun ini, jumlah pendaftar program SATU Indonesia Awards 2018 mencapai 5.961 orang. Angka ini melonjak tajam sampai 84,3% dibandingkan dengan jumlah pendaftar pada tahun 2017 yaitu 3.234 orang.

Selain menghadirkan beberapa narasumber yang memiliki kontribusi pada bidangnya masing-masing, dalam acara puncak Ideafest kali ini para pengunjung juga dihibur dengan penampilan dari Tulus, Gigi dan Gloria Jessica.

Tidak berhenti sampai disitu, IdeaFest juga menyediakan doorprize berupa sepeda motor Honda dan berbagai hadiah menarik senilai ratusan juta rupiah untuk para pengunjung yang beruntung hadir pada malam puncak tersebut. (ronald)

Artikel Terkait