Nasional

KNKT Berjanji akan Cepat Selesaikan Ivestigasi FDR Lion Air JT 610

Oleh : Abdi Lisa - Minggu, 04/11/2018 19:57 WIB

KNKT Komitmen akan mneyelesaikan investigasinya mengenai FDR Lion Air JT 610 dengan sesegera mungkin. (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS ID - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah mempunyai komitmen agar menyelesaikan segera investigasi FDR maskapai Lion Air JT 610.

KNKT telah mendownload data FDR Lion Air PK-LQP. Rencananya KNKT akan mulai analisis besok pagi. Namun analisis ini masih panjang.

"Besok pagi mulai analisis, tentu tidak akan selesai 1-2 hari apabila parameternya begitu banyak, apabila ada keanehan dan kerusakan, maka kita harus lihat lagi data perbaikan, kita sudah ada data awal apa yang terjadi, tapi analisis masih akan panjang," kata Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo kepada jurnalis Minggu (4/11).

Undang-Undang memberi waktu penyelesaian investigasi dalam 12 bulan. Meski demikian, KNKT menyadari hasil penyelidikannya ditunggu dunia, karena menyangkut pesawat terbaru yang laris manis di pasaran.

"UU mengatakan bahwa kita harus selesaikan dalam 12 bulan. Kita tahu seluruh dunia melihat kecelakaan ini, terutama catatan penerbangan sipil dunia sangat baik, pada 2017 tidak ada yang meninggal di seluruh dunia, jadi penerbangan semakin aman dan kejadian ini mencengangkan karena menelan korban begitu banyak," ujar Nurcahyo. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa ia sesegera akan menyelesaikan investigasi ini dengan cepat. (Abdi.K)

Artikel Terkait