Politik

Saiful Huda Ems Desak Yusril Harus Memilih

Oleh : very - Rabu, 07/11/2018 10:30 WIB

Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra

Jakarta, INDONEWS.ID --  Advokat yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Harimau Jokowi, Saiful Huda Ems (SHE) meminta Yusril Ihza Mahendra agar benar-benar konsisten dengan pilihannya yaitu mau menjadi pengacara Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Kita harusnya kejar terus Yusril sampai beliau benar-benar konsisten dengan pilihannya, mau jadi Pengacara Jokowi-MA atau Pengacara HTI. Yusril tidak boleh mendua, karena Jokowi-MA dan HTI jelaslah berbeda dan bertolak belakang. Kode etik advokat juga melarang dualisme itu agar tidak timbul pertentangan antar klien atau pihak-pihak yang bersangkutan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Menurut Saiful, atau yang lazim disapa SHE ini, dalam Kode Etik Advokat Bab III mengenai Hubungan Dengan Klien di Pasal 4 Huruf (J) dinyatakan, "Advokat yang mengurus kepentingan bersama dari dua pihak atau lebih harus mengundurkan diri sepenuhnya dari pengurusan kepentingan-kepentingan tersebut, apabila di kemudian hari timbul pertentangan kepentingan antara pihak-pihak yang bersangkutan".

Seperti diketahui, saat ini, selain menjadi pengacara Jokowi-MA meskipun konon Surat Kuasa Khususnya belum diberikan oleh Jokowi-MA, Yusril juga merupakan salah satu pengacara atau Kuasa Hukum dari Ormas HTI yang saat ini sedang mengajukan Kasasi ke MA.

“Apabila Yusril tidak segera mengundurkan diri sebagai Kuasa Hukum HTI maka tentu selain dilarang oleh Kode Etik Advokat, persoalan ini juga akan menimbulkan masalah tersendiri bagi Jokowi-MA di kemudian hari,” ujarnya. 

Karena itu, SHE mendesak Yusril agar segera mengundurkan diri dari Kuasa Hukum HTI. “Atau silahkan saja memilih salah satu antara menjadi Kuasa Hukum Jokowi-MA ataukah tetap menjadi Kuasa Hukum HTI agar di kemudian hari tidak menimbulkan masalah,” pungkasnya. (Very)

 

Artikel Terkait