Nasional

Mirza Adityaswara: Nilai Tukar Rupiah Menguat Hari Ini

Oleh : Abdi Lisa - Rabu, 07/11/2018 14:55 WIB

Rupiah menguat karena gabungan beberapa faktor. Partai Republik kalah sehingga terjadinya mid term election. (Foto beritasatu)

Jakarta, INDONEWS ID – Nilai tukar rupiah terhadap dolar menguat akibat dari berbagai faktor.

Menurut Deputi Gubernr Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara nilai tukar rupiah tersebut berkisar Rp14.600 per dolar Amerika Serikat (AS). Faktor eksternalnya adalah tendensi kekalahan kubu Partai Republik dalam pemilu paruh waktu di Amerika Serikat (AS).

Sementara dari domestiknya adalah berbagai kebijakan yang prudent sehingga menciptakan kepercayaan investor. Rupiah menguat karena gabungan beberapa faktor. Utamanya hasil dari US mid term election. Selain itu faktor berikutnya adalah kesepakatan dagang AS-Tiongkok.

“Rupiah menguat karena gabungan beberapa faktor. Partai Republik kalah sehingga terjadinya mid term election. Juga peluang besar tercapainya kesepakatan dagang AS-Tiongkok,” kata Mirza, Rabu (7/11).

Seperti yang dicukil dari investordaily, sentimen positif yang lainnya yakni kepercayaan investor terhadap kebijakan ekonomi Indonesia, fiskal dan moneter yang prudent alias hati-hati.

"Rupiah juga sudah undervalued," tuturnya.  Seperti diketahui bahwa pada Rabu siang ini dolar AS diperdagangkan di level Rp14.656. (Abdi.K)

 

Artikel Terkait