Nasional

CAF 2018 : Indonesia Negara Paling Dermawan Sedunia

Oleh : Ronald - Rabu, 07/11/2018 22:01 WIB

Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Jakarta, INDONEWS.ID - Berdasarkan hasil dari laporan World Giving Indeks oleh Charities Aid Foundation (CAF) pada Oktober 2018, Indonesia menjadi negara yang paling dermawan sedunia. Ini adalah pertama kalinya Indonesia berhasil menduduki peringkat satu setelah berada di peringkat kedua pada 2016 dan 2017.

Hal ini tentu saja menjadi kabar bagus untuk bangsa ini, tak terkecuali Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Disampaikan oleh Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta, penilaian lembaga internasional CAF yang menempatkan Indonesia pada posisi pertama itu membuktikan bahwa masyarakat Indonesia dermawan dan banyak yang tergerak menjadi relawan kemanusiaan. 

"Baznas berterimakasih, Indonesia mengalahkan banyak negara-negara besar. Indonesia ini negara yang masyarakatnya dermawan, kedermawanan ini yang membuat Indonesia bisa bertahan dari hal-hal seperti masalah ekonomi, sosial, politik," katanya saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (7/11/2018).

Menurutnya, Indonesia diisi oleh profil-profil humanis yang berjiwa sosial, peduli sesama, sabar, dan saling menolong yang itu merupakan karakter baik dalam peradaban Indonesia. Arifin juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus melakukan hal kebaikan dan dapat jadi contoh baik kepada negara-negara lain.

"Baznas berharap pencapaian ini jadi momentum untuk lebih meningkatkan rasa kepedulian masyarakat Indonesia yang selama ini belum bisa mengeluarkan kepeduliannya secara langsung," sambungnya.

Arifin mengatakan, kepedulian ini juga ditopang langsung oleh banyak organisasi pengelola zakat di Indonesia yakni dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), lembaga amil zakat lain dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Menurutnya, potensi donasi yang berasal dari masyarakat Muslim Indonesia berjumlah Rp217 triliun, sementara yang baru bisa dihimpun secara formal saat ini berjumlah Rp7 triliun.

"Itu menandakan masih banyak yang bisa dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk kedepan sehingga masyarakat zakat Indonesia mejadi sangat berperan dalam membetuk pribadi dermawan," tandasnya.

Sebagai informasi, dalam melakukan penilaian yang dilakukan CAF World Giving Index 2018 terhadap 146 negara ini, terdapat tiga aspek penilaian dalam kriteriannya, yaitu membantu orang yang tidak dikenal, donasi bantuan amal, dan relawan yang ikut andil dalam proses tersebut. 

CAF dalam laporan  World Giving Index 2018 menyebut, Indonesia menempati posisi pertama dengan CAF World Giving Index score keseluruhan 59%. Nilai membantu orang tak dikenal sebesar 46%, donasi bantuan amal 78%, dan nilai relawan sebesar 53%.

Menyusul di posisi kedua adalah Australia dengan score keseluruhan yakni 59%, posisi ketiga ditempati oleh Selandia Baru dengan score keseluruhan 58%, Amerika Serikat diposisi keempat score keseluruhan 58% dan Irlandia berada di posisi kelima dengan 56%. (ronald)

 

Artikel Terkait