Nasional

Pemerintah Sediakan Beasiswa Untuk Korban Gempa Palu

Oleh : Ronald - Kamis, 08/11/2018 20:50 WIB

Menteri Riset Tekhnologi Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mengatakan bahwa pemerintah akan menyediakan bantuan beasiswa bagi mahasiswa korban gempa, likuifaksi dan tsunami di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebagai bentuk komitmen mencerdaskan kehidupan bangsa, pemerintah berjanji akan menyediakan bantuan beasiswa bagi mahasiswa korban gempa, likuifaksi dan tsunami di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

"Perintah dari bapak Presiden Jokowi saya laksanakan, untuk anak Indonesia harus mengenyam pendidikan tinggi dengan baik, walaupun dalam kondisi yang kurang stabil," ucap Menteri Riset Tekhnologi Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir di Palu, dalam sebuah rilis yang diterima INDONEWS.ID pada Kamis (8/11/2018).

Pernyataan tersebut disampaikan Mohammad Nasir usai memberi kuliah kepada civitas akademik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Nasir juga mengatakan, beasiswa itu sedang disiapkan oleh Kementerian Ristekdikti untuk mahasiswa di tiga daerah di Sulawesi Tengah yang terdampak gempa, likuifaksi dan tsunami.

"Semua daerah yang terdampak bencana kami siapkan beasiswa. Untuk Palu kami sedang siapkan bantuan beasiswa," ucap Mohammad Nasir.

Kemenristekdikti, papar Nasir, telah memberikan bantuan beasiswa kepada 4.000 mahasiswa korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pemberian beasiswa diharapkan dapat meringankan beban mahasiswa terdampak bencana. Hal itu karena mahasiswa korban gempa di Lombok dan Sulawesi Tengah dinilai sulit untuk mengenyam pendidikan tinggi pascabencana.

"Tidak mungkin pascagempa, tsunami, likuifaksi, kemudian rumah roboh serta keluarganya ada yang meninggal, maka untuk kuliah kembali pasti sangat berat. Maka pemerintah hadir meringankan beban korban," tandas Nasir. (ronald)

Artikel Terkait