Pojok Istana

Terima Panitia Pesparani, Jokowi Mengaku Jika Dirinya Lelah Juga

Oleh : very - Senin, 12/11/2018 17:32 WIB

Jokowi terima panitia Pesparani di Bogor. (Foto: Ist)

Bogor, INDONEWS.ID  - Bertugas sebagai kepala negara, Presiden Joko Widodo sering beraktivitas secara maraton dari Senin sampai Minggu. Jokowi mengaku hampir tidak ada agenda yang kosong setiap hari.

"Saya kalau Sabtu dan Minggu nggak libur, saya justru agenda kegiatannya dua-tiga kali lebih banyak dibanding hari biasa," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (12/11/2018).

Hal ini disampaikan Jokowi saat bertemu dengan panitia dan pemenang Pesta Paduan Suara Gerajani (Pesparani) tahun 2018. Dia bercerita soal agendanya karena dia tidak sempat hadir untuk pembukaan Pesparani 2018 pada 27 Oktober 2018. Ini karena harus menjalani agenda yang `super-padat`.

Jokowi bercerita tentang padatnya kegiatan yang dijalaninya beberapa pekan terakhir. Beberapa hari lalu dia berkunjung ke Tangerang, Banten. Pagi harinya, dia mengawali kegiatan dengan mengunjungi Pasar Anyar, Tangerang. Setelah itu, dilanjutkan dengan berbagai kegiatan hingga malam hari. 

"Betul-betul pagi sampai di Pasar Anyar di Kabupaten Tangerang, jam 6 pagi saya sudah sampai di pasar. Kemudian masuk ke hotel sudah tengah malam," kata Jokowi.

Dengan kegiatannya yang segudang, Jokowi mengaku jika dirinya merasakan kelelahan. Hal ini pernah ia sampaikan kepada Mensesneg Pratikno.

"Pak Menteri, saya ini juga sama lho seperti yang lain-lain, punya rasa capek, punya rasa lelah, jangan dipikir saya kayak mesin, kayak robot dibawa ke sana dibawa ke sini. Pengaturannya ada masa istirahatnya, ada jedanya, dia bolak-balik. `Pak, kalau ini nggak datang, ini kecewa.` Ya kalau lingkupnya hanya Jakarta, kita bisa mengatur-atur, tapi ini di Aceh, di Papua, kemudian di Ambon, pengaturannya yang sangat sulit sekali," jelasnya.

Namun dia mengatakan rasa lelahnya itu terbayar jika sudah bertemu dengan masyarakat. Salah satunya saat bertemu dengan panitia dan pemenang Pesparani 2018.

"Tapi saya senang akhirnya hari ini saya bisa bertemu seluruh peserta, seluruh panitia Pesparani Nasional. Ada Pak Gubernur, pak... dan bupati yang hadir, saya sudah mendengar banyak, banyak mengenai acara ini. Saya kira saya bisa menyampaikan panitia telah sukses menyelenggarakan Pesparani ini," kata Jokowi. (Very)

Artikel Terkait