Mau Peredam Mobil yang Bagus? Ini Referensinya

Oleh : Abdi Lisa - Jum'at, 16/11/2018 20:01 WIB

Peredam Mobil bagus biasanya dipasang oleh pemilik mobil untuk mendapatkan suara lebih senyap dari luar. Bagi orang awam, mungkin peredam hanya berfungsi untuk membuat kabin mobil lebih senyap atau hening dari suara luar, sebenarnya peredam ini mempunyai banyak sekali fungsi yang mungkin belum terlalui diketahui. (Foto Dok Asuka)

 Jakarta, INDONEWS ID – Cara lain untuk meningkatkan kenyamanan di mobil adalah dengan menambah peredam nan bagus pada kendaraan yang dapat menambah kenyamanan.

Modifikasi mobil telah menjadi suatu hobi bagi banyak orang. Banyak cara yang dilakukan untuk memodifikasi dan mempercantik roda empat.  Selain menambahkan headunit dan audio mobil, cara lain untuk meningkatkan kenyamanan anda adalah dengan menambah Peredam Mobil bagus pada kendaraan yang dapat menambah kenyamanan anda saat melakukan perjalanan di dalam mobil.

Peredam Mobil bagus biasanya dipasang oleh pemilik mobil untuk mendapatkan suara lebih senyap dari luar. Bagi orang awam, mungkin peredam hanya berfungsi untuk membuat kabin mobil lebih senyap atau hening dari suara luar, sebenarnya peredam ini mempunyai banyak sekali fungsi yang mungkin belum terlalui diketahui.

"Selain untuk membuat kabin mobil lebih senyap atau hening, peredam mobil yang bagus juga berfungsi untuk menahan panas, menahan getaran serta untuk meredam suara audio mobil tidak memantul sehingga kualitas audio yang didengar telinga lebih bagus atau kedengaran jernih." jelas Mas Yanto, seorang Installer dari Begja Autotronics.

Peredam mobil murah hingga kelas peredam mobil premium banyak pilihannya di pasaran. Banyaknya merek peredam yang beredar di pasaran membuat konsumen harus pintar memilih jenis peredam. Material peredam pun bermacam-macam seperti Aspal, Gel, Bahan Busa, Alumunium Foil atau Rubber Butyl yang belakangan sedang santer dipakai.

Peredam mobil bagus bukan hanya 1 jenis peredam untuk semua bagian mobil. Pada faktanya, untuk pemasangan jenis peredam mobil juga harus dilihat dari bagian mobil yang ingin dipasangkan. Untuk setiap bagian mobil sebaiknya menggunakan tipe peredam yang sesuai. Ada jenis peredam yang dibuat khusus untuk dipasang di door trim pintu mobil, rubber seal pintu mobil, untuk di alas mobil, kolong mobil maupun dashboard mobil.  Ada pula peredam yang biasanya dipasang di bagian atap serta kap mesin kendaraan untuk meredam hawa panas, getaran dan suara yang dihasilkan mesin mobil agar tidak masuk ke kabin.

"Banyak sekali jenis untuk bahan Peredam mobil murah. Saat ini peredam yang baik di pasaran banyak yang menawarkan bahan aspal. Tetapi peredam yang baik sekarang menggunakan bahan utama Rubber Butyl atau Karet Butil. Bahan peredam mobil Rubber Butyl ini cocok dipasang di bagian pintu mobil. Sebagai contoh, peredam brand Noisekill yang sekarang sedang ramai digunakan di pasaran adalah salah satu pelopor menggunakan bahan Rubber Butyl ini", tambah Mas Yanto dalam siaran tertulisnya, Jumat (16/11).

Brand Noisekill yang menggunaan bahan utama Rubber Butyl ini dapat menjaga ketahanan panas agar tidak merambat dan bahan Rubber Butyl tidak meleleh saat digunakan. Selain itu, Peredam Mobil yang menggunakan bahan Rubber Butyl lebih aman dan baik untuk kesehatan, dibandingkan dengan bahan utama aspal yang meleleh dalam suhu panas dan dapat mengeluarkan gas beracun Hidrogen Sulfida (H2S) yang berpotensi terhirup dan berbahaya bagi penumpang di dalam mobil,” tutur Pak Frans selaku Manager dari Nexindo Audio Nugraha sekaligus Product Manager Noisekill. (Abdi.K)

Artikel Terkait