Nasional

Siswa SD Kelas 5 Raih Juara Karate di Belgia

Oleh : Abdi Lisa - Senin, 19/11/2018 19:55 WIB

Siswa kelas 5 tersebut ikut di dua kategori dalam liga bernama 3rd edition of International Karate Open of Province de Liege 2018, yakni kumite dan kata. (Foto Ist)

Solo, INDONEWS ID – Seorang siswa kelas lima SD Al Islam 2 Jamsaren meraih juara karate di Belgia.

Nandana Putra Purnama adalah siswa tersebut. Ia menjadi predikat di dalam liga karate tingkat internasional Belgia. Siswa kelas 5 tersebut ikut di dua kategori dalam liga bernama 3rd edition of International Karate Open of Province de Liege 2018, yakni kumite dan kata.

Dia meraih medali emas untuk kedua kategori itu. Kejuaraan digelar di Kota Herstal, 14-21 November 2018. Saat ini kejuaraan masih berlangsung untuk beberapa kategori lain.

"Dari Indonesia ada enam orang yang mewakili, salah satunya Nanda. Mereka adalah para pemenang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)," kata Guru Olahraga SD Al-Islam 2 Jamsaren, Danang Sugianto saat ditemui detikcom, Senin (19/11/2018).

Seperti yang dicukil dari detik.com, adapun kategori kata diikuti 12 peserta. Sedangkan kategori kumite diikuti 32 peserta. Mereka berasal dari berbagai negara, antara lain Prancis, Belanda dan Belgia. Atas prestasinya, Kepala SD Al-Islam 2 Jamsaren, Dian Purwaningsih, berjanji akan memberikan penghargaan bagi siswa beralamat Kelurahan Tipes, Serengan, Solo itu. Dia juga akan menyambut kedatangan Nanda saat kembali ke Solo.

"Memang untuk pemenang kejuaraan mulai tingkat kota selalu kita beri uang pembinaan. Nanti ada juga piala dan tentu akan kita sambut saat tiba di Solo," ujar Dian.

Dian menyebut Nanda adalah siswanya yang pertama kali meraih juara di tingkat internasional. Dia berharap Nanda bisa menjadi inspirasi bagi teman-temannya untuk meraih prestasi yang tinggi. (Abdi.K)

Artikel Terkait