Nasional

Bawaslu Minta Peran Serta Masyarakat Awasi Pemilu 2019

Oleh : Ronald - Rabu, 21/11/2018 20:10 WIB

Ketua Bawaslu Abhan menegaskan bahwa kesuksesan penyelenggaraan Pemilu menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Bawaslu Abhan menegaskan bahwa kesuksesan penyelenggaraan Pemilu menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

Menurutnya, peran masyarakat dinilai sangat penting untuk bersama mengawasi KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu.

“Bawaslu tak henti-hentinya meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama mengawasi penyelenggara Pemilu, yaitu KPU dan Bawaslu, apakah mereka bisa bertindak adil atau tidak, berintegritas atau tidak, curang atau tidak. Integritas penyelenggara Pemilu adalah harga mati,” kata Abhan, Rabu (21/11/2018).

Disampaikan Abhan, ada tiga elemen yang punya peran besar untuk suksesnya Pemilu 2019. Pertama, Penyelenggara Pemilu seperti KPU dan Bawaslu harus bisa menjaga integritas sebagai penyelenggara.

Kedua, peserta Pemilu, partai politik, paslon presiden dan wakil presiden. Ketiga, masyarakat yang punya hak pilih.

“Peserta Pemilu harus patuh pada aturan Pemilu, aturan mainnya ada pada UU 7 2017, PKPU, dan Perbawaslu. Ikuti dan patuhi norma-norma yang ada,” tegasnya.

Oleh karena itu, Abhan meminta kepada seluruh lapidan masyarakat untuk menjadi pemilih yang rasional dan berintegritas.

"Pemilih yang datang ke TPS bukan karena diberi uang untuk mencoblos calon tertentu, tetapi memilih karena melihat visi misi peserta Pemilu yang dapat mengemban amanat rakyat," tandasnya. (ronald)


 

Artikel Terkait