Nasional

Andika Perkasa Resmi Dilantik Jadi KSAD

Oleh : very - Kamis, 22/11/2018 09:33 WIB

Presiden Joko Widodo resmi melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru, Letnan Jenderal Andika Perkasa pagi ini di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018). (Foto: detikcom)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Presiden Joko Widodo resmi melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru, Letnan Jenderal Andika Perkasa pagi ini di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (22/11/2018). Pelantikan Andika dihadiri sejumlah menteri dan pejabat.

Jokowi membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh Andika. Pelantikan Andika ini sesuai dengan Keppres Keppres Nomor 97/TNI Tahun 2018, yang ditandatangani pada 22 November 2018. Andika kemudian diambil sumpahnya secara Islam oleh Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah... bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," demikian potongan sumpah jabatan yang dibacakan Andika.

Setelah membacakan sumpah tersebut, Andika lalu menandatangani berita acara pelantikan.

Andika menggantikan Jenderal Mulyono yang memasuki masa pensiun pada Januari 2019 mendatang.

Para pejabat yang hadir antara lain Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menko Polhukam Wiranto, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Menperin Airlangga Hartarto, Menlu Retno LP Marsudi, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, hingga Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita. 

Andika Perkasa sebelum dilantik menjabat Pangkostrad. Dia pernah menjabat Dankodiklatad, Panglima Kodam XII/Tanjungpura, dan pernah menjadi Komandan Paspampres pada Oktober 2014, sesaat setelah Jokowi dilantik sebagai Presiden RI. (Very)

 

Artikel Terkait