Internasional

Ini Alasan Ukraina Desak DK PBB

Oleh : Abdi Lisa - Senin, 26/11/2018 10:01 WIB

Akibat adanya penembakan dan penahanan terhadap ketiga kapalnya, Ukraina meminta kepada PBB untuk menyelenggarakan pertemuan darurat. (Foto Getty Images)

Ukraina, INDONEWS, ID – Ukraina memohon Dewan Keamanan PBB menggelar pertemuan darurat. Ada apakah? Ini alasannya.

Akibat adanya penembakan dan penahanan terhadap ketiga kapalnya, Ukraina meminta kepada PBB untuk menyelenggarakan pertemuan darurat. Pertemuan itu pasalnya untuk menyerukan penjatuhan sanksi internasional terhadap Moskow setelah Rusia melepaskan tembakan serta menahan tiga kapal Ukraina di perairan Semenanjung Krimea.

Insiden bermula ketika dua kapal artileri Ukraina, Berdyansk dan Nikopol, serta kapal tunda Yana Kapal tengah berlayar dari Pelabuhan Odessa di Laut Hitam ke Mariupol di Laut Azov.

Ketika itu Ukraina mengklaim pihak Rusia mencoba menghadang tiga kapal itu dan menabrak kapal tunda. Ketiga kapal itu melanjutkan pelayaran ke arah Selat Kerch, namun dihadang kapal tanker. Akibat adanya hadangan tersebut sejumlah enam awak kapal kabarnya mengalami luka-luka

Sementara saat itu Rusia mengutus dua kapal tempur dan dua helikopter ke area tersebut. Kapal-kapal Ukraina dituduh memasuki perairan Rusia secara ilegal dan lalu lintas di perairan itu dihentikan untuk sementara karena alasan keamanan.

Berdasarkan yang dicukil dari BBC, Badan Keamanan Rusia memberikan informasi satu kapal patrolinya menggunakan kekerasan untuk menahan tiga kapal Ukraina, seraya mengklaim bahwa hanya tiga awak kapal yang cedera.

Petro Poroshenko, langsung mengadakan pertemuan darurat dengan “kabinet perangnya” untuk menanggapi insiden ini, sebut juru bicara presiden.

Atas insiden tersebut, Uni Eropa meminta Rusia “mengembalikan kebebasan bergerak di Selat Kerch” dan mendesak “semua pihak menahan diri”.

Sementara itu, Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), “mendukung kedaulatan Ukraina dan kesatuan wilayahnya secara penuh, termasuk hak bernavigasi di wilayah teritorialnya. (Abdi.K)

Artikel Terkait