Internasional

KBRI Moskwa Menyelenggarakan Festival dan Pameran Indonesia

Oleh : Abdi Lisa - Selasa, 27/11/2018 13:15 WIB

Kerjasama ini merupakan kali pertamanya sejak pembukaan hubungan diplomatik dengan Belarusia, 25 tahun lalu. Karena ini merupakan awal, tentunya event ini menyedot perhatian warga sekitarnya. (Foto KBRI Moskwa)

Minsk, INDONEWS, ID – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskwa menyelenggarakan kegiatan festival dan ajang pameran Indonesia setelah 25 tahun bekerjasama diplomatik.

Kerjasama ini merupakan kali pertamanya sejak pembukaan hubungan diplomatik dengan Belarusia, 25 tahun lalu. Karena ini merupakan awal, tentunya event ini menyedot perhatian warga sekitarnya. Di tengah musim dingin, lebih dari 9.100 orang mengunjungi BelExpo untuk mengetahui dan merasakan nuansa Indonesia pada festival dan pameran yang berlangsung pada 24-25 November 2018 lalu.

Dalam siaran pers Kedutaan Besar RI (KBRI) Moskwa, hari ini Selasa (27/11) tertulis, sejumlah perusahaan terkenal dari Indonesia memamerkan produk-produknya. Diantaranya adalah Arta Graha Group (peralatan militer), PT Kapal Api Global, PT Multi Strada Arah Sarana (produsen ban mobil Archiles), PT Anugerah Bersama (herbal dan kopi), PT Dua Kelinci (kacang dan makanan ringan), PT Rodamas (produsen sambal dan bumbu instan merek Sasha), dan Global MICE Indonesia (furniture dan produk makanan).

Sementara Dharma Wanita Persatuan KBRI Moskwa menampilkan kuliner Indonesia, seperti nasi goreng, mi goreng, lumpia, dan kue-kue khas Indonesia yang ludes sebelum acara ditutup secara resmi. Terdapat juga pelatihan membatik, pameran foto pariwisata Indonesia, museum seni dan budaya Indonesia, serta pelayanan informasi tentang Indonesia.

Di panggung utama ditampilkan pertunjukan gamelan dan berbagai tarian daerah Indonesia yang dipersembahkan oleh Grup Kesenian Dadali Gamelan dan Kirana Nusantara Dance KBRI Moskwa yang menyemarakan festival dan pameran. Yang menarik perhatian pengunjung adalah gamelan, yang merupakan alat musik unik membentuk suatu orkestra. Selain itu, para pengunjung juga terkagum-kagum karena sebagian besar pemain gamelan dan penari berkewarganegaraan Rusia pecinta Indonesia.

“Ini adalah pertama kalinya masyarakat Belarusia dapat menyaksikan penampilan gamelan dan berbagai tarian Nusantara secara langsung. Kegiatan festival dan pameran merupakan salah satu dari rangkaian acara peringatan 25 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Belarusia. Sebelumnya telah diselenggarakan Forum Bisnis Indonesia-Belarusia dan seminar tentang hubungan kedua negara dan tantangannya ke depan,” kata Dubes RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarusia, M Wahid Supriyadi dalam sambutan saat pembukaan ajang tersebut. (Abdi.K)

Artikel Terkait