Nasional

2019, Kemenpar Akan Gelar Fishing International

Oleh : Ronald - Senin, 03/12/2018 20:35 WIB

Fishing International 2019 rencananya akan digelar di tiga daerah di Indonesia, yakni Festival Internasional Fishing Banggai, Festival Internasional Fishing Banggai Kepulauan, dan Festival Fishing Belitung

Jakarta, INDONEWS.ID - Indonesia adalah negera kepulauan yang sangat kaya. Wisata alam, budaya, kuliner dan wisata bahari di Indonesia mampu menarik minat wisatawan nusantara dan mancanegara.

Sebagai negara kepulauan, sudah pasti untuk urusan wisata baharinya, laut-laut di Indonesia sangatlah indah. Tidak hanya itu, sumber daya alam yang ada di laut tentu beraneka ragam dengan biota di dalamnya.

Maka dari itu, Indonesia mempunyai banyak sekali potensi dan juga spot-spot wisata yang sangat cocok untuk memancing yang harus dikenalkan kepada dunia. Oleh karena itu, di tahun 2019 mendatang, Kementerian Pariwisata akan mengadakan tiga festival yang bertemakan dengan kegiatan memancing, yakni Fishing International.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata, Dwisuryo Indroyono mengatakan pemerintah juga mulai memetakan destinasi yang belum termanfaatkan oleh kegiatan wisata bahari yaitu dengan mengadakan festival fishing.

"Kita akan mengadakan tiga festival recreational fishing di tahun 2019. Ini baru pertama kali kita dukung. Sebelumnya enggak. Karena, kami sekarang baru tahu dan ketemu perundangan terkait perikanan tentang daerah konservasi dan zona pemanfaatan," tuturnya saat launching Indonesian Fishing Tournament/Festival 2018 di Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin (3/12).

Adapun tiga festival fishing bertaraf internasional tersebut meliputi tiga daerah di Indonesia.

"Ada Festival Internasional Fishing Banggai, Festival Internasional Fishing Banggai Kepulauan, dan Festival Fishing Belitung. Nanti, kita undang kapal tradisional. Dengan adanya kapal juga dapat memancing kapal dari luar untuk datang," tandasnya. (ronald)

Artikel Terkait