Bisnis

Traveloka Tingkatkan Okupansi Bus dan Travel Secara Online

Oleh : Abdi Lisa - Selasa, 04/12/2018 15:15 WIB

Hanya dalam waktu delapan bulan (sejak Maret 2018), Traveloka telah membangun kemitraan dengan lebih dari 85 operator bus & travel dan ditargetkan akan menjadi 150 mitra di Maret 2019. (Foto Sreenshoot traveloka)

Jakarta, INDONEWS, ID - Traveloka, perusahaan teknologi penyedia jasa travel dan lifestyle booking terdepan untuk destinasi lokal dan internasional dalam satu platform, terus menjadi mitra terpercaya bagi operator bus & travel dalam digitalisasi penjualan tiket bus dan travel di Indonesia.

Hanya dalam waktu delapan bulan (sejak Maret 2018), Traveloka telah membangun kemitraan dengan lebih dari 85 operator bus & travel dan ditargetkan akan menjadi 150 mitra di Maret 2019.

Sebagai operator bus & travel, utilisasi kursi sangat diperhatikan untuk dapat mengoptimalisasikan pendapatan. Persaingan yang ketat antar moda transportasi lain juga menjadi tantangan tersendiri.

Memahami situasi tersebut, sejak Maret 2018 Traveloka meluncurkan produk bus & travel yang telah bekerjasama dengan lebih dari 85 operator bus & travel di Indonesia. Sebagai perusahaan asal Indonesia, Traveloka dapat dengan mudah mempelajari tantangan dan peluang yang ada di industri bus dan mengaplikasikan pengetahuan lokal dalam bekerjasama yang baik dengan berbagai operator bus & travel.

Caesar Indra, Senior Vice President of Business Development Traveloka, mengungkapkan, di Traveloka, kami berkomitmen untuk membantu operator bus & travel dengan memanfaatkan teknologi dan kekuatan platform kami guna memaksimalkan bisnis mereka, bukan hanya pada saat peak season namun juga pada saat non-peak season.

Mengandalkan teknologi dan inovasi serta pengetahuan lokal kami yang telah dibangun selama 6 tahun, kami dapat memecahkan permasalahan serta rekomendasi bisnis kepada mitra dengan lebih cepat dan tepat.

“Komitmen kami untuk terus membantu upaya pemerintah untuk mempermudah kolaborasi dengan para mitra akan terus berlanjut. Dengan bertekad untuk bekerjasama dengan lebih banyak mitra operator di Indonesia, Traveloka akan membantu upaya untuk meningkatkan pelayanan, penetrasi pasar dan penjualan tiket, dalam layanan bus & travel online yang terdapat di platform kami,” tutur Caesar dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/12).

Sebagai mitra bus & travel Traveloka, operator mendapatkan beragam manfaat yaitu memperoleh segmen penumpang baru & nama operator menjadi lebih dikenal masyarakat lewat berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan Traveloka baik online (melalui media sosial & mesin pencari), maupun offline (misalnya billboard di titik pusat keramaian).

Selain itu, dengan memanfaatkan database pengguna aplikasi Traveloka yang telah di download lebih dari 40 juta kali, Traveloka dapat memberikan rekomendasi bagi mitra bus & travel untuk mengoptimalkan pendapatan mereka melalui berbagai strategi dan program yang memaksimalkan utilisasi kursi bus dan travel sepanjang trayek.

Upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna & mitra juga senantiasa dilakukan oleh Traveloka. Traveloka memiliki program Jaminan Tiket Resmi yang menjamin 100 persen uang kembali jika tiket yang telah dibeli mengalami kendala saat keberangkatan.

Layanan customer service yang beroperasi selama 24 jam dan 7 hari juga siap menangani masalah atau menjawab pertanyaan dari pengguna & mitra, selain itu pengguna juga dapat memberikan feedback langsung bagi operator bus & travel melalui fitur review & rating di aplikasi Traveloka. Feedback yang terkumpul akan disampaikan kepada mitra bus & travel sehingga mitra dapat terus meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada pengguna. Langkah-langkah ini dilakukan untuk membangun rasa kepercayaan masyarakat dalam melakukan pembelian secara online. (Abdi.K)

 

 

Artikel Terkait