Internasional

Jakarta Youth Choir Raih 3 Emas Di Italia

Oleh : Ronald - Rabu, 05/12/2018 05:20 WIB

Duta besar RI untuk Italia, Esti Andayani mengatakan bahwa Jakarta Youth Choir merupakan tim Indonesia pertama yang mengikuti kejuaraan Chorus Inside Advent International Choir Competition.

Jakarta, INDONEWS.ID - Jakarta Youth Choir, grup paduan suara binaan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, berhasil meraih 3 medali emas di 3 kategori pada kejuaraan Chorus Inside Advent International Choir Competition ke 34, yang digelar di Roma, Italia, pada 1-3 Desember 2018.

Tampil bersama dengan seorang konduktor bernama Septo Adi Simanjuntak, Jakarta Youth Choir berhasil tampil memukau dihadapan para juri yang berasal dari Amerika Serikat, Kroasia dan Italia. Akibatnya, mereka diganjar dengan kemenangan dan berhasil meraih juara Grand Prix  atau final utama.

Tidak hanya itu, Jakarta Youth Choir juga berhasil mendapatkan penghargaan Best Conductor dan Best Coreography.

Sebagai informasi, Chorus Inside Advent International Choir Competition diikuti oleh 9 Negara, diantaranya Italia, Perancis, Kroasia, AS, Romania, Ghana, Russia, Polandia, dan Indonesia.

Indonesia yang diwakili oleh Jakarta Youth Choir menjadi satu-satunya tim yang tampil dari benua Asia.

Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya, Duta besar RI untuk Italia, Esti Andayani, yang ikut hadir secara langsung untuk memberikan dukungan di Baldini St. Maria in Portico di  Campitelli, Roma, mengatakan bahwa Jakarta Youth Choir merupakan tim Indonesia pertama yang mengikuti lomba ini.

Esti mengaku sangat bangga karena budaya Indonesia berhasil ditampilkan secara luar biasa oleh Jakarta Youth Choir hingga menjadi juara umum.

"JYC mendapatkan nilai 30 atau sempurna, semua juri memberikan nilai 10, dan sepanjang sejarah 34 tahun lomba ini, baru pertama kalinya ada tim yang mendapatkan nilai sempurna," ujarnya, Selasa (4/12/2018).

Sementara, Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Ratiyono, mengaku sangat bersyukur bahwa pembinaan yang dilakukan Dispora berhasil.

"Ini merupakan kompetisi ke 3 yang diiikuti oleh Paduan Suara binaan Dispora pada tahun 2018. Sebelumnya kita menjadi yang terbaik di Oriental Choir Competition International di Singapura pada awal tahun dan di Joy Dancing Beijing Festival 2018 di Tiongkok," kata Ratiyono. (ronald)



 

Artikel Terkait