Daerah

Jasa Marga : Jelang Natal Dan Tahun Baru 2019, Empat Konstruksi Ruas Tol Trans Jawa Selesai

Oleh : Ronald - Sabtu, 08/12/2018 01:05 WIB

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani, pihaknya optimis mampu selesaikan empat pekerjaan konstruksi jalan tol ruas Tol Trans-Jawa, sebelum jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019. Hal itu disampaikan Desi pada sesi jumpa media di Kantor Jasa Marga Semarang, Jumat (7/12/2018).
  1. Semarang, INDONEWS.ID - Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani, pihaknya optimis mampu selesaikan empat pekerjaan konstruksi jalan tol ruas Tol Trans-Jawa, sebelum jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Hal itu disampaikan Desi pada sesi jumpa media di Kantor Jasa Marga Semarang, Jumat (7/12/2018). Menurutnya, menjelang peresmian pembukan ruas Jalan Tol Trans Jawa tanggal 20 Desember mendatang, PT Jasa Marga (Persero) Tbk optimis bisa mempercepat semua sisa pekerjaan yang masih belum tuntas hingga saat ini.

Disebutkan Desi, empat ruas yang dikebut itu adalah, Jalan Tol Batang-Semarang dengan panjang 75 kilometer, kemudian Jalan Tol Salatiga-Kartasura sepenjang 32 kilometer dimana ruas ini merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Semarang-Solo.

“Kemudian, ada ruas Tol Wilangan-Kertosono sepanjang 37,3 kilometer, dan ruas ini bagian dari ruas Tol Ngawi-Kertosono, kemudian yang ke empat ada ruas Tol Pasuruan-Grati, dengan panjang 13,9 kilometer, dimana empat ruas ini kami kebut pengerjaan konstruksinya fisik efektif 5 sampai 7 hari kerja akan rampung, dengan begitu bisa diresmikan sebelum Natal 2018,” ujarnya dihadapan awak media.

Tidak hanya itu, Desi juga mengungkapkan,  jika ruas Tol Batang-Semarang yang ada di bawah naungan PT Jasa Marga Semarang Barat (JSB) saat ini sudah hampir selesai, yakni 99 persen.

Sementara untuk ruas tol Salatiga-Kartasura yang ada dibawah naungan PT Trans Marga Jateng (TMJ) mencapai 95 persen.

“Sedangkan untuk Wilangan-Kertosuro yang dikelola PT Jasa Marga Ngawi Kertosuro Kediri (JNKK) telah mencapai 87,9 persen, dan untuk Tol Pasuruan-Grati, yang ada dibawah PT Jasa Marga Gempol Pasuruan (JGP) mencapai 70 persen. Dengan begitu saat ini ada 787,5 kilometer ruas tol yang telah dioperasikan saat ini,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Desi juga menyebut, usai pengerjaan kontruksi selesai, maka tahap berikutnya yakni, uji laik fungsi dan uji laik operasional, baru kemudian dibuka secara resmi.

Meski begitu, di beberapa tahap yang masih terus dikebut itu, masih ada pekerjaan lainnya, misalnya memastikan rambu lalu lintas terpasang dengan benar, dan fasilitas lainnya.

“Beberapa penggarapan over pass juga kami pastikan beres satu minggu kedepan, seperti di over pass Kertosono dan Gempol, bahkan over pass Ngaliyan Semarang juga kami pastikan selesai satu minggu ke depan,” tandas Desi. (ronald)

Artikel Terkait