Nasional

BNPB: 4 Tewas Ratusan Lainnya Mengungsi, Akibat Banjir dan Tanah Longsor di Pacitan

Oleh : hendro - Sabtu, 08/12/2018 22:30 WIB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

Jakarta, INDONEWS.ID - Kabupaten Pacitan kembali ditimpa bencana alam. Kali ini banjir dan tanah longsor melanda Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Akibat bencana tersebut, sedikitnya empat orang dilaporkan tewas dan sebanyak 236 orang mengungsi.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, empat  warga Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung dilaporkan tewas karena tertimbun tanah longsor. Mereka adalah Misgiman (62), Sogiran (46), Bogiyem (72), dan Katinem (58).

"Saat ini masih dilakukan proses evakuasi oleh tim dari Basarnas," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/12/2018).

Untuk diketahui, tanah longsor terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Kebonagung, Pacitan, sejak Jumat (7/12/2018) sore. 

Hujan juga menyebabkan air sungai meluap. Sekitar pukul 20.30 WIB, air mulai masuk ke permukiman warga di Desa Purwosari, Kayen, Kebonagung dengan ketinggian antara 30-50 cm.

"Total ada 236 warga yang mengungsi akibat banjir," kata Sutopo.

Lebih lanjut Sutopo menjelaskan, lebih dari 200 personel gabungan terlibat dalam penanganan banjir dan longsor di Pacitan. Mereka berasal dari BPBD Pacita, TNI, Polri, Basarnas, Babinsa, Babinkamtibmas, Dinkes, Dinsos, Banser, SAR, dan relawan. (Hdr)

Artikel Terkait