Daerah

Pesawat Susi Air Tergelincir Saat Take Off

Oleh : Ronald - Minggu, 09/12/2018 10:25 WIB

 Pesawat Susi Air PK-VVD tergelincir dari landasan. Insiden ini terjadi saat pesawat hendak take off di bandara Bade Edera Kabupaten Mappi Papua, pada Sabtu (8/12/2018).

Merauke, INDONEWS.ID - Pesawat Susi Air PK-VVD tergelincir dari landasan. Insiden ini terjadi saat pesawat hendak take off di bandara Bade Edera Kabupaten Mappi Papua, pada Sabtu (8/12/2018).

Kapolres Mappi AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan menuturkan berdasarkan informasi dari Kepala Kepolisian Sektor Edera IPDA Izak Rumboy bahwa, pesawat tujuan Mopah Merauke menuju ke Bade landing pada pukul 11.26 WIT dan langsung melakukan bongkar muat barang maupun penumpang.

"Akibat kerusakan pada rem kanan pesawat tidak berfungsi dengan baik roda bagian depan pesawat tergelincir sekitar 3 meter dari ujung runway dan terperosok di dalam parit, Petugas Bandara Bade di bantu Kepolisian Sektor Edera langsung melakukan evakuasi alhasil 11 penumpang dan 2 Pilot selamat," ungkap AKBP Agung di Mappi Papua.

Diceritakan Agung, peristiwa bermula ketika pesawat ini hendak take-off dari ujung runway menuju ke Mopah Merauke, pesawat tiba tiba hilang kendali Pilot pun tidak bisa mengendalikan pesawatnya hingga tergelincir ke kiri menuju parit. Meskipun demikian, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Dari data yang diterima Agung, berikut nama ke 12 penumpang yang berhasil di evakuasi :
1. Pelomina
2. Yunita
3. Endi Alvin
4. Yosefina
5. Elisabet
6. Sara
7. Yuli
8. Alvia
9. Petrus
10. Ardian (anak-anak)
11. Kaila (anak-anak)
12. Cleo Vatra ( bayi)
13. Thomas ( Kapten)
14. Andre ( copilot)

"Tetapi yang paling penting adalah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, dan saya perintahkan kepada Kapolsek bekerja sama dengan pihak perhubungan Mappi dan maskapai lakukan investigasi di lokasi kejadian," ujar Kapolres Agung. (ronald)

Artikel Terkait