Nasional

Bupati Cianjur Ditangkap KPK?

Oleh : Abdi Lisa - Rabu, 12/12/2018 17:01 WIB

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pasalnya berhasil menangkap Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS, ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pasalnya berhasil menangkap Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar dan Kadisdik Cianjur Cecep Sobandi serta empat pihak lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT).

Keenam orang yang berhasil dalam operasi tangkap tangan tersebut kabarnya diduga terkait dalam transaksi suap anggaran pendidikan di Cianjur, Jawa Barat.

"Sebelumnya, KPK mendapat informasi akan adanya penyerahan uang terkait dengan anggaran pendidikan di Cianjur. Setelah kami lakukan pengecekan di lapangan terdapat bukti permulaan adanya dugaan pemberian suap untuk kepala daerah," kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif seperti yang dicukil dari beritasatu.

KPK selain OTT Bupati Irvan dan Kadisdik Cecep Sobandi, KPK juga berhasil menangkap empat orang lainnya dari unsur Kepala Bidang, unsur MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), dan pihak lain.

KPK berhasil menyita uang tunai sekitar Rp1,5 miliar. Uang tersebut diduga dikumpulkan dari kepala sekolah untuk disetorkan kepada Irvan.

Keenam orang yang ditangkap, termasuk Bupati Irvan saat ini sedang diperiksa intensif oleh tim penyidik. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum mereka. Syarif berjanji akan membeberkan lebih rinci mengenai OTT ini dalam konferensi pers. (Abdi.K)

Artikel Terkait