Nasional

Antisipasi Kemacetan, BPTJ Hentikan Sementara Pembangunan di Tol Jabek

Oleh : hendro - Jum'at, 14/12/2018 23:06 WIB

Ilustrasi

Jakarta, INDONEWS.ID - Untuk antisipasi kemacetan di Jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek), pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek akan menghentikam sementara proyek yang ada di Jalan tol Japek.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, ‎kebijakan nantinya dikoordinasikan dengan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

"Soal kebijakan, nanti Dirjen Darat yang membakukannya. Tapi, kisi-kisinya, akan ada pemberhentian proyek di seluruh tol mulai 18 Desember sampai 1 Januari," ujar Bambang di Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Dalam hal ini, Bambang juga akan berkoordinasi dengan pihak kontraktor proyek-proyek di Jalan Tol Japek. Koordinasi itu diperlukan agar para kontraktor tidak memprotes pembangunannya mundur dari target karena penyetopan itu.

Untuk saat ini, Bambang juga ‎bakal melakukan rekayasa lalu lintas untuk memberikan kesempatan kontraktor mengerjakan pembangunan hingga sampai target ditentukan.

"‎Proyek dari awal sudah menghitung sebenarnya, dia mulai kerja berapa hari, bahkan untuk tol sudah tau, untuk mudik lebaran, liburan natal tahun baru tak boleh bekerja," tambahnya.

Bambang menambahkan, pihaknya juga‎ punya cara lain untuk mengurai kemacetan di jalan tol Japek, yakni dengan sistem contraflow.(hdr)
 

Artikel Terkait