Daerah

Erupsi 3 Menit, Gunung Agung Status Siaga

Oleh : Ronald - Minggu, 30/12/2018 08:03 WIB

Erupsi ini terekam di Seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 3 menit 8 detik. Sampai saat ini Gunung Agung berada pada status Level III (Siaga).

Jakarta, INDONEWS.ID - Erupsi gunung kembali terjadi. Kali ini terjadi pada Gunung Agung yang berada di Bali.

Berdasarkan dari data yang diterima dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG yang menyebutkan bahwa erupsi gunung api ini terjadi pada hari Minggu (30/12/2018) tepatnya pukul 04.09 WITA. Hanya saja, untuk tinggi kolom abu dari gunung tersebut tidak teramati.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 3 menit 8 detik. Sampai saat ini Gununv Agung berada pada status Level III (Siaga).

Dengan ditetapkannya status tersebut maka dihimbau kepada masyarakat yang ada disekitar Gunung Agung, baik itu para pendaki atau wisatawan agar tidak berada dan melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya, yaitu di seluruh area dalam radius 4 km dari kawah puncak gunung ini.

"Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru," demikian isi peringatan tersebut.

Sedangkan bunyi dari peringatan atau himbauan yang keduanya adalah masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (ronald)

 

Artikel Terkait