Nasional

Dari 22 Dubes, 16 Dilantik dan Enam Dubes yang Belum Dilantik, Berikut Alasannya

Oleh : Abdi Lisa - Senin, 07/01/2019 12:45 WIB

Sementara itu, enam dubes yang belum dilantik karena belum mendapat persetujuan dari negara penempatannya (Foto Biro Pers Kepresidenan)

Jakarta, INDONEWS, ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melantik 16 Duta Besar (Dubes). Sementara enam dubes lainnya belum dilakukan pelantikan, kenapa? Berikut alasannya.

Acara pelantikan ini dibenarkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir. Menurutnya, pelantikan tersebut akan dilakukan pada pukul 11.00 WIB saat ini tetapi belum semua Dubes.

Menurutnya, ada 22 dubes yang telah melalui uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) oleh Komisi I DPR. Namun hanya 16 orang saja yang akan dilantik hari ini. Biasanya, dubes yang tidak langsung dilantik karena belum mendapat persetujuan dari negara penempatannya.

“Sementara itu, enam dubes yang belum dilantik karena belum mendapat persetujuan dari negara penempatannya,” kata Fachir.

Berikut nama ke-6 Dubes yang belum dilantik menunggu penempatan dari Negara yang bersangkutan.

Adriana Supandy untuk Papua Nugini merangkap Kepulauan Solomon, berkedudukan di Port Moresby. Berlian Napitupulu untuk Republik Demokratik Korea, berkedudukan di Pyongyang. Hasrul Azwar untuk kerajaan Maroko merangkap Republik Islam Mauritania, berkedudukan di Rabat. Kenssy Dwi Ekaningsih untuk Republik Ceko, berkedudukan di Praha. M Chandra Widya Yudha untuk Republik Serbia merangkap Montenegro, berkedudukan di Beograd dan Usra Hendra Harahap untuk Republik Federal Nigeria, merangkap Benin, Republika Burkina Faso, Republik Gabon, Republik Ghana, Republik Khamerun, Republik Kongo, Republik Liberia, Republik Niger, Republik Demokratik Sao Tome dan Principe, Republik Togo, dan ECOWAS, berkedudukan di Abuja. (Abdi.K)

Artikel Terkait