Nasional

Menag Melantik Tiga Pimpinan Perguruan Tinggi Islam Negeri

Oleh : Abdi Lisa - Senin, 07/01/2019 18:01 WIB

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim melantik dua rektor sekaligus. Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) serta melantik Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam. (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS, ID - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim melantik dua rektor sekaligus. Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) serta melantik Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam.

Pelantikan ini dilaksanakan pada hari ini, Senin (7/1). Menag melantik  Amany Burhanuddin Umar Lubis sebagai rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Dan, melantik Sumanta menjadi rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nur Jati Cirebon dan Inayatillah selaku ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tengku Dirundeng Meulaboh yang baru.

Pelantikkan ketiga pimpinan tersebut merujuk pada Keputusan Menteri Agama RI Nomor B.II/3/00429, B.II/3/00430 dan B.II/3/00431. Dalam pelantikan ini Menag berpesan agar para pimpinan baru tersebut untuk menjaga tradisi akhlak Islami dan intelektual yang terus berkembang di kampus-kampus PTKIN.

Sebebas apapun intelektualitas dan penggalian ilmu pengetahuan, seluruhnya harus bertumpu pada akhlak yang baik. Dengan begitu, PTKIN juga harus berorientasi kepada terwujudnya masyarakat berakhlakul karimah.

Dengan ini Menag meminta PTKIN lebih proaktif untuk merespon persoalan masyarakat, khususnya dalam masalah agama dan persoalan kemasyarakatan pada umumnya. (Abdi.K)

Artikel Terkait