Bisnis

Jokowi Terima Kasih Penerimaan Negara Tembus 102 Persen

Oleh : very - Senin, 07/01/2019 21:55 WIB

Presiden Jokowi di Istana Negara. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para menteri Kabinet Kerja di Istana Negara. Saat membuka sidang kabinet ini, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada Kabinet Kerja atas capaian penerimaan negara tembus 102,5%.

Jokowi mengungkap rasa senang dan bangganya terhadap hasil yang dicapai pemerintah pada 2018.

"Di awal tahun 2019 saya ucapkan terima kasih kepada seluruh menteri kabinet kerja, Kapolri, Panglima, Atas kerja sama, kerja bersama kita, di tahun 2018," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (7/1/2019).

Jokowi menyebutkan, capaian kinerja APBN 2018 mulai dari asumsi dasar perekonomian hingga realisasi postur memberikan hasil yang baik.

"Alhamdulillah perekonomian kita tumbuh positif, kita perkirakan tumbuh 5,15%, inflasi juga rendah di bawah 3,5%, nilai tukar juga terus bisa dijaga, realisasi juga kredibel, defisit laporan terakhir 1,76% dari PDB, kemudian keseimbangan primer juga negatif Rp 1,8 triliun sudah mendekati nol, patut kita garis bawahi, jauh lebih baik dari rencana APBN," tutur Jokowi seperti dikutip detik.com.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan realisasi pendapatan di tahun kemarin yang tembus 102,5% atau setara Rp 1.942,3 triliun dari target APBN. Serta, belanja negara yang mencapai 99,2%.

Meski memiliki hasil yang baik di 2019, Mantan Wali Kota Solo ini meminta kepada jajaran menteri kabinet kerja dan seluruh kepala lembaga negara nasional untuk mewaspadai ketidakpastian global demi menjaga momentum perekonomian nasional.

"Saya minta konsolidasi antara sektor riil, dunia usaha, dunia industri dengan moneter dengan fiskal, dirancang bisa terkonsolidasi dengan baik," tutur Jokowi. (Very)

 

Artikel Terkait