Nasional

Presiden RI : Perangkat Desa akan Setara dengan ASN Gol IIA

Oleh : luska - Senin, 14/01/2019 13:40 WIB

Presiden Joko Widodo temui ribuan aparat desa di GBK,hari ini.(Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah akan mengangkat perangkat desa seluruh Indonesia setara dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan IIA.

Hal tersebut dikatakan Presiden RI saat menemui ribuan perangkat desa di Gelora Bung Karno (GBK), Senin (14/4/2019).

" Sudah kita putuskan bahwa perangkat desa segera disetarakan dengan golongan IIA, jadi kepada saudara sekalian, ditunggu dua minggu sehingga segera bisa dilaksanakan dari perintah PP yang ada " kata Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan kegembiraan dari ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI).

Dikatakan mantan Walikota Solo ini, terkait keputrusan tersebut, dirinya telah membeicarakannya dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.

Dan, lanjutnya, saat ini pemerintah sedang merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Sebagai informasi, untuk ASN golongan IIA, gaji paling rendah adalah sekitar Rp1,9 juta. (Lka)

 

Artikel Terkait