Nasional

Seminar HIMPUNI Tenaga Kerja untuk Inovasi Industri

Oleh : Abdi Lisa - Senin, 14/01/2019 20:20 WIB

Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri (HIMPUNI) gelar seminar tentang kesiapan tenaga kerja. (Foto Ist)

Jakarta, INDONEWS, ID - Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri (HIMPUNI) gelar seminar tentang kesiapan tenaga kerja. 

Tujuannya adalah menjawab  tantangan dinamika tahapan perkembangan industrialiasi 4.0. Dunia industri makin kemari semakin berkembang  sebagai kecenderungan global di seluruh Indonesia. Seminar ini diselenggarakan di Jakarta, hari ini, Senin (14/1).

Perlu diketahui yang hadir dalam seminar ini yaitu Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Akhmad Muqowam, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Direktur Utama BTN Maryono.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Akhmad Muqowam mengatakan, seluruh komponen Bangsa Indonesia harus secara terpadu membangun kapasitas sumberdaya manusia.

“Mendorong inovasi dan mengutamakan industrialisasi untuk menjadikan Bangsa Indonesia sebagai bangsa pemenang, bangsa yang siap bersaing dan memenangkan persaingan global yang semakin ketat,” katanya kepada jurnalis.

Ia menuturkan Indonesia sedang memasuki perioda ‘Bonus Demografi’, dimana 70 persen penduduk Indonesia akan berada pada usia kerja yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2025–2030.

Di satu sisi, bonus ini merupakan kekuatan Indonesia dalam menjalankan berbagai program pembangunan, namun di sisi lain akan menjadi ‘bencana’ jika Indonesia gagal menyediakan lapangan pekerjaan.

“Ancaman ini dapat menjadi makin serius jika kita perhatikan data tingkat pendidikan penduduk Indonesia, dan persentase penduduk Indonesia,” ucapnya lagi. (Abdi.K)

Artikel Terkait